Bekerja di Belakang Meja VS Tidak di Belakang Meja

Pernahkah Anda terpikir perbedaan antara mereka yang bekerja di belakang meja dan mereka yang tidak? Pekerjaan yang mana yang akan lebih membuat bahagia? Jika Anda pernah bertanya-tanya seperti itu, mungkin hasil survey yang dilakukan oleh Harris Poll melalui CareerBuild ini bisa menjawab pertanyaan Anda.

Harris Poll melakukan survey terhadap para pekerja di Amerika Serikat, mengenai pekerjaan di belakang meja vs pekerjaan yang non desk.

Hasilnya mereka yang bekerja di belakang meja maupun yang tidak, sama-sama merasa cukup bahagia dengan posisi mereka saat ini (76%), namun karyawan di belakang meja lebih cenderung melontarkan keluhan tentang suasana bekerja mereka.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Jenuh di Kantor

Sebanyak 38% pekerja non-desk mengaku tidak punya keluhan tentang suasana bekerja mereka, dibandingkan dengan hanya 14% pekerja di belakang meja.

Di sisi kesehatan, 58% pekerja di belakang meja mengkategorikan diri mereka sebagai overweight sementara hanya 51% yang merasa demikian pada pekerja yang tidak di belakang meja.

Selain itu, 46% karyawan di belakang meja mengaku berat badan bertambah pada pekerjaan mereka sekarang, dibandingkan dengan pekerja yang tidak dibelakang meja yang hanya 30%.

Tetapi, yang bekerja di belakang meja mengaku mendapatkan gaji lebih tinggi dan merasa lebih puas terhadap bayaran mereka. 71% mengaku pendapatan mereka saat ini sudah sama dengan atau mendekati pendapatan yang mereka inginkan, dibandingkan dengan 61% karyawan non-desk yang merasa demikian.

Meskipun begitu, mereka yang bekerja di belakang meja maupun tidak, memiliki kemungkinan untuk stress yang sama, yakni 30% dan 29%. Mereka yang bekerja tidak di belakang meja meja, sebanyak 61%-nya mengalami gejala kelelahan (burnout). Hal ini terjadi lebih sedikit pada mereka yang bekerja di belakang meja, ‘hanya’ 57%.

“Setiap orang memiliki definisi masing-masing terkait lingkungan kerja yang baik menurut mereka,“ ungkap Rosemary Haefner, selaku Vice President of Human Resource di CareerBuilding seperti dikutip dari HRM Asia.

“Untuk beberapa orang mungkin akan merasa senang untuk bekerja di belakang meja, namun yang lainnya merasa bahwa bekerja di belakang meja membuat mereka tidak fleksibel. Memang setiap jenis pekerjaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun yang penting untuk diperhatikan adalah mencari lingkungan kerja yang sesuai dengan gaya dan ketertarikan Anda sehingga Anda dapat lebih mengembangkan diri Anda,” pungkasnya.

Baca juga: Ahli Strategi Pemasaran Online, Posisi Paling Dicari

Tags: