Begini Cara Karyawan Membuang Waktu di Tempat Kerja

tabel produktivitas

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa satu di antara empat karyawan menghabiskan waktu mereka untuk browsing website yang tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka.

Produktivitas tentunya menjadi tujuan utama setiap pemberi kerja. Namun, temuan teknologi seperti pesan singkat (instant messaging), social media, email dan terutama penggunaan internet yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, justru menjadi musuh bagi produktivitas itu sendiri.

Sebanyak 24% dari pekerja yang menjadi responden penelitian mengaku bahwa mereka menghabiskan paling sedikit satu jam setiap harinya untuk mengurusi perpesanan, sms, chatting, email pribadi. Sedangkan 21 % menyatakan bahwa mereka menghabiskan lebih dari satu jam setiap harinya untuk searching di internet tentang hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan di kantor.

Baca juga: Piala Dunia vs Produktivitas

Dilansir dari Infografik terbitan careerbuilder.com, berikut adalah beberapa kegiatan yang membuat karyawan tanpa sadar telah membuang-buang waktunya di tempat kerja. Waktu yang seharusnya dioptimalkan untuk menyelesaikan tugas kantor, justru dipakai untuk kegiatan lain. Berikut persentasenya:

1. Penggunaan ponsel dan texting (chatting atau sms) (50%)

2. Bergosip (42%)

3. Internet surfing (39%)

4. Social media (38%)

5. Istirahat makan atau merokok (27%)

6. Rekan kerja yang berisik (24%)

7. Rapat (meeting) (23%)

8. Email sebanyak (23%)

9. Mampir ke tempat duduk partner/mengobrol (23%)

10. Rekan kerja menggunakan speaker saat menelpon (10%)

tabel produktivitas

Dengan kesepuluh gangguan tersebut, 73 % pemberi kerja telah berupaya untuk mengurangi faktor penyebab distraksi tersebut. Cara yang paling banyak dipakai ternyata mem-block situs internet tertentu, yakni sebanyak 36% responden. Berikut rangkumannya:

1. Memblok situs-situs tertentu (36%)

2. Melarang adanya personal call dan ponsel (25%)

3. Memonitor penggunaan email dan internet (22%)

4. Membatasi meeting (12%)

5. Melarang penggunaan speaker ketika melakukan panggilan di kantor (11%)

Baca juga: Agar Meeting Tidak Membunuh Produktivitas

Tags: , ,