Bagaimana Mengatur Karyawan yang Bekerja dari Rumah

Ketika ditanya bagaimana seorang manager tahu bahwa karyawannya benar-benar bekerja? Mickos, CEO Eucalyptus Systems mengatakan bahwa telecommuting sungguh dapat meningkatkan produktivitas. “Lebih gampang untuk berpura-pura bekerja di kantor daripada di rumah, karena satu-satunya cara untuk produktif adalah dengan benar-benar produktif.”

Namun ia juga tidak membantah bahwa mengelola orang yang jarang bertemu dengan Anda dapat menimbulkan sedikit tantangan. Untuk itu Mickos menawarkan 3 tips mengatur karyawan yang bekerja dari rumah agar tetap produktif seperti dilansir di CNN Money;

1. Pekerjakan Orang yang Tepat

Hanya 20% orang yang dapat berkembang dengan telecommuting. Setidaknya itu yang dicatat oleh Mickos, menurutnya tanyakan dulu kandidat yang ingin bekerja dengan Anda, apakah mereka telah terbiasa bekerja sendirian?

Lalu tanyakan juga kepada kandidat mengenai passion di luar pekerjaan mereka, seperti soal keluarga, hobi, peliharaan dan sebagainya. Pastikan Anda tidak mempekerjakan orang yang bekerja 24 jam sehari. Bekerja keras sepanjang waktu dan tidak ada kesempatan untuk bersantai dan mengisi waktu luang berakibat kelelahan. Hal itu tentu tidak menguntungkan karyawan maupun perusahaan.

Yang juga bisa dipertimbangkan adalah memilih orang yang mempunyai passion dalam menulis. “Anda membutuhkan orang-orang yang bisa membaca dan memahami teks dengan cepat dan menghasilkan teks yang jelas dan ringkas,” tambah Mickos. Hal itu bisa Anda ketahui dari balasan email kandidat, apakah respon mereka cepat dan baik.

2. Pertimbangkan untuk buka-bukaan

Mickos tidak ragu untuk berbagi informasi dengan karyawan, menurutnya hal itu sikap yang normal saat ini. Mereka membicarakan produk-produk baru yang sedang dijalankan maupun ide-ide yang belum dieksekusi, sampai masalah keuangan perusahaan dan hal yang tidak ingin didengar sekalipun.

Di sini Anda akan belajar bagaimana membangun kepercayaan dengan karyawan Anda, dan menciptakan perasaan bahwa kita semua selalu bersama, terlepas secara fisik kita sedang berada di mana. Berdasarkan pengalaman Mickos hingga saat ini belum ada yang membocorkan rahasia, walaupun cara tersebut belum benar-benar teruji.

3. Buat Sistem Pencair Suasana

Intranet, forum chat atau buletin board dapat membuka sisi ‘human’ dari karyawan Anda. Mereka bisa berbagi masalah di luar pekerjaaan. Kata Mickos Intranet atau semacamnya dapat dipergunakan untuk membahas segala urusan karyawan, dari mulai pernikahan, anak mereka sampai hal apa yang mereka lakukan selama akhir pekan.

“Telecommuter jarang bertemu atau kontak langsung, sehingga penting untuk membuat semacam sistem komunikasi virtual,” ujar Mickos. Ketika atasan menunjukkan sisi kemanusiaan dalam komunikasi tersebut, maka tingkat komunikasi antara Anda dan karyawan akan naik level. Mereka akan kembali mempercayai Anda dan semangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Forum virtual dapat menjaga silabus kerja karyawan Anda sehingga produktivitas bukan lagi masalah yang membuat pusing kepala Anda. Pikirkan 3 tips ini dan dapatkan talent yang benar-benar Anda butuhkan saat ini.

Tags: ,