Apakah Anda Suka Meeting? 5 Skill Berikut Penting untuk Jadi Manager

Ketika Anda diminta untuk menjadi manager, apa yang Anda pikirkan pertama kali? Naik jabatan, naik gaji ataukah ada hal lainnya? Pernahkah Anda memikirkan, apakah Anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang manager?

Seorang manager memiliki tugas yang lebih banyak, tanggung jawab yang lebih besar dan mengalami stress yang lebih parah dibandingkan pekerja biasa. Apakah Anda siap untuk mengalami hal tersebut? Jika Anda masih bertanya-tanya apakah Anda orang yang tepat ataukah tidak, Mashable memberikan jawabannya bagi Anda.

Baca juga: Infografik: 10 Skill yang dibutuhkan di masa depan

1. Apakah Anda Suka Meeting?

Ini pertanyaan yang cukup krusial, mengingat tidak semua orang suka mendatangi meeting. Namun jika Anda ingin menjadi seorang manager, maka Anda harus mulai memikirkannya. Anda harus mengganti mindset Anda bahwa meeting adalah hal yang penting untuk dilakukan karena banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda menganggap bahwa meeting membosankan, maka Anda harus mencari cara bagaimana agar meeting tetap berjalan efektif tanpa membuat orang lain merasa bosan.

2. Apakah Anda lebih suka mengajar atau melatih?

Salah satu bagian terbaik dalam menjadi seorang pemimpin adalah melihat tim Anda berkembang dan sukses, tentunya dengan mengetahui bahwa Anda yang membantu mereka hingga mereka seperti itu. Anda perlu membagi informasi dan pengetahuan yang Anda miliki agar bermanfaat bagi orang lain. Anda akan melihat apa yang Anda berikan akankah dijalankan ataukah tidak. Jika ya, Anda akan merasa senang bahwa apa yang Anda bagi ternyata bermanfaat. Namun jika memotivasi dirasa bukan cara Anda, Anda bisa melatih mereka. Tunjukkan pada mereka bagaimana cara menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efektif dan efisien. Ketika mereka merasa bahwa cara Anda lebih baik, maka Anda akan merasa bahwa apa yang Anda berikan ternyata bermanfaat.

3. Bagaimana kemampuan Anda memberikan feedback?

Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah kemampuan untuk memberikan feedback yang baik. Seorang manager harus objektif melihat performa kerja anggota timnya. Melihat kelebihan dan kekurangan mereka, mengembangkan kelebihan mereka dan mengurangi dampak dari kekurangan mereka. Menyampaikan umpan balik dengan baik tidak hanya sekedar menyampaikan hal baik dan buruk, namun juga mampu memotivasi anggota tim Anda.

4. Apakah konflik dapat membuat Anda down?

Seorang manager harus dapat menyelesaikan konflik, bukan lari dari masalah. Ketika Anda menghadapi situasi yang menantang, seperti bertemu dengan klien yang marah, Anda harus mampu untuk menghadapinya. Jika Anda merasa tidak mampu, mungkin akan lebih baik jika ada orang yang mensupervisi Anda dalam menghadapinya.

5. Apakah Anda mampu mengambil keputusan?

Seorang manager akan mengambil keputusan, terutama keputusan dalam tim. Keputusan yang Anda ambil akan berdampak pada anggota tim Anda, apakah mereka akan senang ataukah tidak.. Anda harus siap menerima respon mereka apapun itu.

Baca juga: 60:40 Perbandingan Soft Skill dan Teknis Praktisi HR

Tags: ,