Apa Kabar Karyawan Pertama Perusahaan Teknologi Dunia?

Mereka adalah karyawan pertama perusahaan teknologi ternama dunia, apa yang mereka lakukan sekarang?

Orang-orang ini adalah aset pertama perusahaan yang berkontribusi mengembangkan perusahaan IT semacam Google dan Apple hingga mejadi top company di dunia. Apa kesibukan mereka saat ini? Business Insider melakukan penelusuran tentang keberadaan mereka saat ini, dan berikut adalah hasilnya:

1. Taner Halicioglu dari Facebook

Halicioglu mulai bekerja di Facebook pada Oktober 2004 dan meninggalkan perusahaan tersebut pada 2009. Saat ia masuk ke Facebook, ia berjibaku dengan banyak urusan operasional di dalam Facebook. Namun ketika keluar, posisinya adalah senior and operation engineer. Setelah meninggalkan Facebook, ia menjajaki karir lain di Blizzard Entertainment sebagai Lead Realibility Engineer. Saat ini, Halicioglu juga merupakan dosen di UC San Diego untuk mata kuliah Computer Science and Engineering. Selain itu, ia pun menjadi angel investor sekaligus mentor bagi beberapa startup.

Baca juga: Seorang Karyawan Google Mendapat Liburan Karena Surat dari Putrinya

2. Shel Kaphan dari Amazon

Pada musim gugur 1994, Kaphan bergabung dengan Amazon sebagai VP bidang Research and Development (RND). Lima tahun kemudian ia keluar dari perusahaan e-commerce tersebut. Saat itu posisinya adalah Chief Technology  Officer (CTO). Saat ini Kaphan, menjadi sosok seperti bayangan orang-orang tentang aktivitas orang selepas pensiun, yakni menjadi menjadi penggiat filantrofi dan juga melakukan hal-hal yang ia senangi.

Shel Kaphan tidak pernah memperlihatkan statusnya sebagai co-founder di Amazon, meskipun ia sebetulnya terlibat dalam brainstorming dengan Bezos sang pendiri sebelum Amazon terbentuk sebagai sebuah perusahaan. Mereka berdua memang pernah mengalami perpecahan. Meskipun begitu, Bezos pernah menyebutkan bahwa Kaphan adalah orang yang paling krusial bagi terbentuknya Amazon.

3. Craig Silverstein dari Google

Silverstein bekerja cukup lama di Google, dimulai dari tahun 1998 hingga tahun 2012. Berbagai proyek untuk perusahaan search engine terbesar di dunia tersebut ia lakukan, termasuk juga menjadi mentor bagi para teknisi. Bahkan, Silverstein juga membantu menciptakan program search engine milik Google.

Apa yang ia kerjakan sekarang? Ia adalah Dean of Infrastructure di Khan Academy, sebuah startup pendidikan.

4. Noah Glass dari Twitter

Glass sering disebut sebagai “the forgotten founder” atau pendiri yang dilupakan dari Twitter. Noah adalah tetangga dari Evan Williams, co-founder dari Twitter. Mereka berdualah yang menciptakan Odeo, pendahulu dari social media Twitter dan itulah mengapa ia sering disebut sebagai pendiri Twitter yang terlupakan. Setelah kerja sama mereka, Evan memecat Glass dan membuat Glass terpukul. Kepada Business Insider pada 2011 ia mengatakan bahwa ia bekerja menyendiri. Ia sulit dijumpai di social media. Meskipun begitu, ia masih men-tweet hal baik ketika Twitter melakukan IPO. Dalam bio-nya di Twitter, ia masih menuliskan “I started this”

5. Mike Markkula dari Apple

Markkula bergabung dengan Apple setelah Steve Wozniak dan Steve Jobs. Ia adalah orang yang telah berinvestasi kepada Apple di awal pendiriannya sebesar 250,000 USD yang membuat dia memiliki 30% dari Apple. Di perusahaan produsen prosesor tersebut, ia membantu dalam hal penyusunan business plan. Pada awalnya, ia adalah karyawan Intel dan hal tersebut membuat dia kaya raya pada usia 30 tahun. Bahkan investasinya ke Apple kala itu hanya seharga 10 persen dari seluruh kekayaan yang ia miliki.

Ia adalah manajer di Apple yang membantu perusahaan tersebut mencari CEO pertama. Ia juga turut meyakinkan Steve Wozniak untuk bergabung dengan Apple secara full time daripada bergabung dengan HP. Markkula meninggalkan Apple pada 1997. Setelah itu, ia berinvestasi pada beberapa start-up dan juga berdonasi untuk Santa Clara University melalui Markkula Center for Applied Ethics.

6. Marc McDonald dari Microsoft

Marc adalah karyawan pertama yang dibayar di Microsoft, terlepas dari karyawan-karyawan lain yang sifatnya freelancer. Ia meninggalkan Microsoft pada 1984 karena saat itu perusahaan menjadi semakin besar dan ia bergabung dengan perusahaan Paul Allen yang lain yakni Asymetrix. Setelah itu, ia bergabung dengan perusahaan desain di Seattle, Design Intellegence yang kemudian diakuisisi oleh Microosft pada tahun 2000. Meskipun karirnya tak jauh dari perusahaan produsen komputer ternama di dunia, tak berarti Marc menjadi seorang kaya raya saat ini. Menurut sebuah sumber, kekayaannya bahkan masih kurang dari 1 juta dolar.

7. Tim Brady dari Yahoo

Tim Brady merupakan karyawan pertama dari Yahoo. Ia merupakan teman kuliah dari Jerry Yang, Co-founder dari Yahoo. Brady masuk ke Yahoo pada 1995 dan berkarya hingga tahun 2003 di perusahaan tersebut. Ia adalah orang yang membantu merancang business plan dari Yahoo.

Posisi terakhirnya di Yahoo adalah Chief Product Officer. Setelah keluar dari Yahoo, ia menjadi CEO dari sebuah instansi pendidikan, QuestBridge. Saat ini, ia adalah founder dari sebuah institusi pendidikan lain yakni, Imagine K12.

8. Aston Motes dari Dropbox

Aston Motes adalah lulusan MIT dan pernah magang di Google dan Intel sebelum bergabung menjadi karyawan pertama Dropbox. Pada saat itu, ia juga masih menangani tugas-tugas yang diberikan oleh OKCupid.

Motes mengungkapkan bahwa ia adalah fans berat dari Dropbox. Ia sudah kesengsem sejak pertama kali melihat Houston dan Arash, koleganya di MIT, mempresentasikan Dropbox. Awalnya ia ragu-ragu untuk meninggalkan pekerjaannya di OKCupid di New York, tetapi kemudian ia mengikuti passionnya ke California. Setelah 4,5 tahun di Dropbox, ia pun keluar dan mendirikan start up miliknya sendiri yakni Assorted Bits.

9. Jeffrey Skoll dari eBay

Skoll bertemu dengan Pierre Omidyar pada 1996 dan kemudian ia direkrut sebagai presiden direktur pertama di start-up tersebut. Ia adalah sosok yang membantu merancang business plan dari eBay hingga dan tetap menjabat sebagai presiden hingga Meg Whitman bergabung pada 1998.

Skoll adalah pemegang saham kedua terbesar di eBay pada saat itu setelah Omidyar. Setelah tak lagi bekerja di eBay, Skoll mendirikan perusahaan film di Los Angeles bernama Participant Media. Ia juga mendonasikan banyak uang untuk proyek filantrofi bidang entrepreneurship yang ia dirikan bernama Skoll Foundation. Sekarang pun, Skoll adalah investor di Tesla.

10. Josh Riedel dari Instagram

Riedel adalah karyawan pertama instagram. Ia merupakan lulusan Reed Colege dan bergabung dengan Instagram sejak Instagram masih bernama Burbn, tak lama setelah ia memperoleh 500 ribu USD dari Andreessen Horowitz dan Baseline Ventures pada Maret 2010. Riedel menjabat sebagai community Manager dan keluar dari Instagram pada bulan Juni tahun ini.

11. Marco Arment dari Tumblr

Marco Arment, pendiri dari Instapaper dan The Magazine ini adalah karyawan pertama Tumblr. Ia bergabung dengan Tumblr ketika social media tersebut dirilis pada tahun 2007. Dia menduduki posisi sebagai CTO dan menjabat di posisi itu hingga 2010.

Selanjutnya, Arment mendirikan usahanya sendiri, sebuah start up bernama Instapaper yang kemudian ia jual kepada Betaworks dan The Magazine yang juga ia jual.

Pada tahun 2014, ia merilis sebuah aplikasi podcast yang bernama Overcast. Ia juga merupakan seorang penggiat blog.

Baca juga: Google, Apple, Unilever, Perusahaan Paling Diminati Karyawan

Tags: ,