8 Ciri “Karyawan Terbaik”

Mempunyai karyawan “extraordinary” merupakan dambaaan semua perusahaan. Selain dapat menguntungkan perusahaan, mereka juga dapat diandalkan dan membuat lingkungan kantor menjadi produktif. Jangan khawatir, ciri-ciri karyawan yang “Luar Biasa” ini dapat kita pelajari dan praktekkan langsung. Simak 8 kualitas yang membedakan karyawan “Luar Biasa” dengan karyawan lainnya:

1. Mereka Mengabaikan Job Description

Biasanya karyawan ini tidak hanya berpikir kepada tugas mereka, namun mampu beradaptasi dengan cepat kepada prioritas-prioritas perusahaan. Mereka semangat melakukan apa pun, dan berperan menjadi siapa pun untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sehingga ketika sebuah project mengalami krisis, mereka tak segan-segan menanggung resikonya tanpa diminta, bahkan jika itu bukan pekerjaan mereka.

2. Mereka Eksentrik

Para karyawan terbaik kerap berbeda dengan yang lain, dalam arti sedikit aneh, kurang sopan bahkan senang menjadi orang yang tidak biasa. Namun ternyata, kepribadian seperti itu membuat cara kerja mereka lebih menyenangkan dan memancing ide-ide terbaik yang keluar dari mereka. Jadi jangan heran, bila mereka tidak takut untuk berbeda dengan yang lain, dalam arti apa adanya.

3. Mereka Tahu Batasan

Selalu menyenangkan adalah kepribadian yang biasanya dimiliki karyawan luar biasa. Namun saat keadaannya sedang tertantang bahkan stress mengancam, biasanya mereka akan kembali fokus dengan masalah dan menyampaikannya ke dalam tim kerja. Karyawan luar biasa tahu kapan bermain dan kapan serius, kapan harus menantang dan kapan harus mundur. Mereka biasanya mempunyai keseimbangan yang kerap tidak ditemukan pada karyawan lain.

4. Mereka Tidak Segan Memuji

Karyawan yang berbeda mengakui kontribusi orang lain, terutama saat mereka mengatur timnya, di mana kata-kata mereka biasanya berdampak besar untuk tim. Mereka tidak hanya memberikan pujian kepada bawahan atau rekannya, tetapi juga kepada atasan yang dinilai baik oleh mereka.

5. Mereka Menyembunyikan Keluhan

Walaupun tidak salah membawa masalah ke area umum, tetapi ada beberapa masalah yang lebih baik diselesaikan secara pribadi. Great Employee biasanya akan mengemas masalah yang krusial dengan lebih halus sebelum dibawa ke ranah publik, mereka melakukan hal itu agar tidak memicu konflik yang lebih besar lagi.

6. Mereka Aktif Berbicara

Biasanya karyawan ragu-ragu berbicara dalam rapat, bahkan beberapa ragu berbicara secara personal. Karyawan luar biasa akan mengemukakan pertanyaannya dengan tidak ragu-ragu, mereka mengaku melakukan hal itu untuk membantu karyawan lain yang sebenarnya ingin mendengarkan jawabannya, namun segan untuk bertanya. Ternyata mereka memiliki keprihatinan dengan orang sekitar mereka, mencetuskan pertanyaan agar memancing keinginan karyawan lain untuk bertanya.

7. Mereka Selalu Ingin Menjadi yang Terbaik

Self-motivation yang kuat dalam diri mereka kadang membuat mereka ingin membuktikan orang lain salah, hal itu didapat dari latar belakang pendidikan, kecerdasan, bakat dan keterampilan yang mereka punya. Karyawan yang luar biasa didorong oleh sesuatu yang lebih dalam dan lebih pribadi dari sekadar keinginan untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

8. Mereka Tidak Cepat Puas

Karyawan kebanyakan akan bekerja sesuai alurnya, jam kerja, menyelesaikan tugas dengan baik, dan rutin menjalani hal itu. Namun karyawan luar biasa ini biasanya tidak hanya mengikuti proses, namun membuat proses tersebut lebih baik terus menerus.

Apakah Anda salah satunya? Pastikan keberadaan Anda berdampak besar untuk perusahaan Anda dan diri Anda sendiri.

Tags: ,