7 Hal Yang Mendistraksi di Tempat Kerja

Anda mudah terdistraksi saat bekerja? Tenang saja karena hal tersebut adalah hal yang wajar. Namun tahukah Anda bahwa para pekerja kehilangan fokus atau terdistraksi setiap 22 menit bekerja. Cukup mencengangkan bukan?

Pernyataan tersebut dikemukakan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Samsung Electronics di Inggris. Berdasarkan hasil survey tersebut ditemukan bahwa para pekerja di Inggris ‘hanya’ bekerja selama rata-rata 22 menit sebelum akhirnya mereka kehilangan fokus. Hal ini kemudian menghasilkan 70 hari hari kerja pertahunnya yang tidak produktif.

Bekerja sama dengan University of Leeds, didapatkan bahwa distraksi terbesar disebabkan karena rekan kantor yang berbicara terlalu keras (57%), meeting yang tidak jelas (26%) dan gossip seputar kantor (16%). Hasil survey juga menemukan bahwa sebanyak 28% pekerja yang menjadi responden penelitian memiliki dua layar komputer di meja kerja mereka. Bahkan 38% di antaranya memiliki lebih dari dua layar gadget di meja kerja mereka.

Baca juga: Cobalah 5 Meditasi Ringan ini untuk Anda yang Sulit Fokus

Kehilangan fokus karena distraksi ini menyebabkan perekonomian Inggris kehilangan 250 juta poundsterling setiap tahunnya. “Angka tersebut adalah angka yang besar. Para pelaku bisnis harus menyadari bahwa penggunaan teknologi di tempat kerja dan membiarkan pekerja lebih banyak bergerak. Sehingga dapat memberikan dampak positif pada produktivitas dan engagement pekerja,” ungkap Graham Long, selaku President of Samsung’s Enterprise Business Team. “Pada masa kini, tempat kerja memiliki lingkungan yang sifatnya ‘always on.’ Sehingga pekerja lebih mudah terdistraksi dari biasanya,” tambah Long.

Berdasarkan hasil survey didapatkan hal-hal apa saja yang dapat mengganggu para pekerja, berikut hasilnya.

1. Rekan kerja yang berbicara dengan suara keras (57%)

2. Telepon yang berdering (39%)

3. Meeting yang tidak jelas (26%)

4. Email (22%)

5. Membuat teh (19%)

6. Gosip seputar kantor (16%)

7. Orang lain yang mengetik terlalu keras (12%)

Selain itu, hasil survey juga menunjukkan bahwa sebanyak 22% responden merasa lebih produktif saat bekerja di rumah. Namun ternyata, 86% responden mengakui bahwa mereka juga masih terdistraksi. Anggota keluarga atau teman sekamar (36%), pekerjaan rumah (36%), televisi (27%) dan binatang peliharaan (15%) diakui sebagai distraksi terbesar saat bekerja di rumah.

Baca juga: Sulit Fokus? Coba 6 Langkah ini

Tags: