7 dari 10 Eksekutif Bekerja Pada Profesi Yang Belum Ada Saat Lulus Kuliah

Pekerjaan yang kita akan tekuni dan menjadi karir kita, mungkin saja bukanlah pekerjaan yang sudah kita siapkan sekarang. Korn/Ferry Consulting menyimpulkan hal tersebut dari penelitian yang mereka lakukan, yang tujuannya adalah untuk melihat jenis keterampilan yang harus ditingkatkan dalam menghadapi tren jenis perkerjaan yang berubah dengan cepat.

Sebanyak 68% eksekutif yang disurvey mengatakan mereka bekerja pada profesi yang tidak pernah mereka persiapkan atau mereka antisipasi sebelumnya di hari kelulusan mereka. Dari penelitian yang sama, didapatkan hasil bahwa responden percaya  bahwa mereka yang lulus pada tahun 2017 atau mahasiswa angkatan tahun 2013 akan bekerja pada profesi yang belum pernah ada sebelumnya.

Lebih lanjut, penelitian juga menggali tentang keterampilan yang perlu dimiliki oleh talent di masa mendatang. Sebanyak 66% responden menjawab bahwa leadership skill lebih penting untuk dipelajari daripada disiplin ilmu lainnya.

“Penelitian ini juga memberikan pencerahan, bahwa di masa mendatang, pendidikan tentang kepemimpinan akan lebih dibutuhkan daripada disiplin ilmu yang bersifat teknis dan spesifik seperti akunting, supply chain dan sebagainya. Justru kemampuan umtuk mempengaruhi orang lain, kemampuan untuk memotivasi orang dan mau belajar dari pengalaman untuk menjawab tantangan masa depan lebih diperlukan, apapun jenis peran dan industrinya,” ungkap Heckman, Presiden dari Korn/Ferry’s Leadership and Talent Consulting. Ia menambahkan bahwa untuk menjadi leader yang sukses, kita harus bisa beradaptasi dengan industri dan tantangan.