60% HRD Takut Kehilangan Karyawan

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Reed, diketahui bahwa lebih dari 60% profesional memiliki ketakutan bahwa karyawan berbakat mereka akan meninggalkan perusahaan di tahun 2014 ini dan sebanyak 44% dari profesional HR sendiri akan melakukan job hunting pada tahun ini.

Perusahaan rekrutmen di Inggris tersebut menemukan bahwa, para pelaku bisnis harus melakukan hal lebih untuk mempertahankan karyawan mereka,  sementara sebanyak 62% mengaku tidak punya strategi khusus untuk itu.

Reed melakukan survey kepada 2.500 orang karyawan dari berbagai sektor industri dan berbagai sektor pekerjaan, dan 150 profesional HR.

Hasil survei menunjukkan resiko kehilangan karyawan berbakat lebih rendah pada bidang-bidang lain dibanding bidang HR. Hanya sebanyak 43% karyawan yang menyatakan kekhawatiran akan kehilangan pekerja terbaik di perusahaan mereka, sementara 33% karyawan merencanakan untuk berpindah pekerjaan di tahun 2014.

Managing Director Reed Group, Tom Lovell, menyatakan bahwa gaji yang tidak naik-naik dan sedikitnya benefit, adalah alasan hal tersebut.

Lebih dari setengah HR professionals (54%) dan 66% karyawan menyatakan bahwa mereka tidak mendapatkan kenaikan gaji selama 12 bulan terakhir.

“Walaupun ada kebutuhan menarik dan me-retain karyawan, tetapi banyak perusahaan tidak berinvestasi pada SDM mereka melalui gaji maupun benefit seperti training, dan ini akan berdampak pada kepuasan secara keseluruhan terhadap tempat kerja,” ujar Lovell seperti dikutip dari HR Magazine UK.

Tags: