6 Trend Teknologi yang Akan Merubah Cara Anda Bekerja

future-of-work

Dalam 10 tahun ke depan, kehidupan kerja Anda akan sangat berbeda dengan kehidupan kerja Anda saat ini. Wrike, salah satu perusahaan yang membuat perangkat lunak project management, merilis infografik mengenai kehidupan kerja di masa depan. Wrike meramalkan bahwa keenam trend ini akan merubah cara bekerja dengan sangat signifikan.

future-of-work

Apa saja keenam trend tersebut? Ini dia:

1) Tidak adanya batas antara rumah dan kantor

Open office menjadi standar baku ruang kerja di beberapa tahun mendatang. Tidak ada lagi meja kerja, alat tulis dan dokumen yang berantakan. Ruang kerja akan lebih ‘homey’ dengan perapian, sofa dan lounge yang nyaman. Cloud-stored data akan terus mengikuti di mana pun Anda bekerja.

2) Teknologi akan sangat dimanfaatkan

Batasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan akan semakin menghilang. Jejaring sosial akan dipergunakan kantor untuk mendukung Anda dalam bekerja. Asisten digital seperti Siri dan Cortana akan mempelajari pola kerja Anda dan membantu meningkatkan produktivitas Anda.

3) Tidak perlu lagi manajemen kerja

Bisnis akan tetap berjalan meskipun pekerja hanya sedikit. Pekerja lepas akan direkrut berdasarkan proyek yang sedang dijalankan.

4) Dominasi soft-skill

Tingginya angka turnover akan menjadi hal yang biasa. Seorang pekerja akan bertahan di suatu perusahaan selama 2 sampai 3 tahun, mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran, lalu pergi mencari kesempatan lain.

5) Remote work menjadi hal yang wajar

Semua bisnis akan dijalankan secara remote. Kantor hanya menjadi tempat untuk berkumpul jika para pekerja harus bekerja bersama.

6) Budaya menentukan kesuksesan perusahaan

Lupakan performance review tahunan. Perusahaan akan menekankan coaching, pengembangan skill dan membiarkan para pekerja menentukan goal mereka sendiri.

Lebih detil mengenai 6 trend kerja di masa depan, simak infografik berikut ini:

new_gantt_chat_illustr