5 Tanda Komunikasi Buruk Dalam Tim

Komunikasi dalam tim adalah hal yang penting untuk dijaga oleh seorang manager. Komunikasi dalam tim yang baik artinya setiap orang dalam tim, termasuk Anda, memiliki persepsi yang sama terhadap suatu tugas dan tujuannya. Jika anggota tim Anda belum satu persepsi dengan Anda, bisa saja komunikasi dalam tim Anda tidak efektif.

Untuk memastikan bahwa komunikasi dalam tim Anda berjalan dengan baik, Anda perlu memperhatikan kelima tanda ini. Jika salah satu atau mungkin kelima tanda ini Anda rasakan, maka mungkin ini saatnya Anda memperbaiki komunikasi dalam tim Anda.

1. Pekerjaan yang sama dilakukan oleh dua orang

Ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik, maka hal ini akan memunculkan kebingungan pada anggota tim Anda. Salah satunya adalah pekerjaan yang sama namun dikerjakan oleh dua orang yang berbeda. Kurangnya komunikasi antara anggota dalam tim membuat setiap orang bingung tugas ini tanggung jawab siapa dan tugas itu tanggung jawab siapa. Setiap orang akan mengerjakan apa yang biasanya mereka kerjakan. Sampai akhirnya, ternyata ada satu tugas yang dikerjakan oleh dua orang karena tidak adanya komunikasi. Usaha ini pun berujung sia-sia, karena salah satu orang lainnya sebenarnya bisa mengerjakan hal lain yang sehingga tim lebih produktif.

Baca juga: Komunikasi, kunci melawan resistensi karyawan

2. Tidak ada yang bertanggung jawab atas suatu tugas

Ini merupakan kebalikan dari poin yang pertama. Ketika Anda memberikan tugas pada anggota tim Anda, kuncinya adalah komunikasi yang jelas. Sampaikan dengan jelas bahwa tugas ini dikerjakan oleh siapa, bagaimana cara menyelesaikannya, tenggat waktunya kapan, dan sebagainya. Jika informasi yang Anda kerjakan tidak jelas, bisa-bisa pada akhirnya tidak ada satupun yang dikerjakan dan tidak ada kemajuan yang berarti.

3. Hasil akhir yang mengecewakan

Jelaskan pada anggota tim Anda hasil akhir seperti apa yang Anda harapkan. Pastikan bahwa anggota tim Anda tahu dan paham hasil akhir seperti apa yang Anda harapkan dari mereka. Jika Anda tidak menjelaskan dengan detail apa yang Anda harapkan, siapkan diri Anda untuk merasa kecewa jika hasilnya diluar harapan Anda.

4. Komunikasi satu arah

Anda hanya sekedar menjelaskan apa yang seharusnya anggota tim Anda lakukan tanpa memastikan mereka memahami maksud Anda. Komunikasi yang terjadi hanyalah komunikasi satu arah. Jika hasil akhirnya tidak sesuai dengan harapan Anda, maka Anda harus siap kecewa.

5. Perbedaan prioritas

Ketika anggota tim Anda mengerjakan beberapa hal pada saat yang bersamaan, mereka perlu menentukan skala prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jika Anda tidak menjelaskan betapa pentingnya project ini, tujuan dari project ini dan meminta kesediaan mereka untuk memprioritaskannya, maka tugas dari Anda pun akan mereka kesampingkan.

Sebagai seorang manager, Anda bisa dengan mudah menyatakan bahwa anggota tim Anda underperformers, tidak pernah mendengarkan Anda, atau tidak peduli dengan tugas mereka. Namun Anda tidak bisa langsung menyalahkan hal tersebut. Anda perlu mencari tahu sebenarnya apa akar masalahnya. Jika masalahnya adalah komunikasi dalam tim yang tidak efektif, maka sebagai pemimpin mereka, Anda perlu memperbaikinya demi keutuhan tim Anda. Salah satu cara sederhananya adalah dengan berbincang santai bersama anggota tim Anda.

Baca juga: Peraturan tentang komunikasi dalam tim

Tags: , ,