5 Hal yang Dapat Membuat Anda Dipecat

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, sebenarnya, apa saja yang membuat seorang karyawan dapat dipecat. Untuk menjawab pertanyaan Anda, Shayna Balch, pengacara dari firma hukum Fisher & Phillips LLP, menjawab beberapa pertanyaan terkait hal itu, untuk Phoenix Business Journal. Apa sajakah itu? Mari simak pemaparan berikut seperti yang dikutip dari HRMorning.com.

Pelecehan dan diskriminasi

Setiap perusahaan, pasti memiliki peraturan tersendiri terkait perilaku mana yang termasuk dalam pelecehan dan pendiskriminasian di kantor. Peraturan ini pun dapat diaplikasikan baik di tempat kerja ataupun di luar tempat kerja.

Pada beberapa kesempatan, peraturan ini dapat dilanggar, salah satunya melalui jejaring sosial. Komentar yang di post seseorang di akun jejaring sosial, pada awalnya mungkin awalnya hanya niat untuk bercanda saja. Namun belum tentu orang lain berpendapat sama. Komentar ini bagi orang lain bisa saja dapat dianggap melecehkan atau mendiskrimasi.

Membuat pernyataan yang salah

Mereka yang membuat pernyataan palsu terkait atasan mereka, klien ataupun rekan kerja, meskipun bercanda, dapat membuat mereka dipecat. Selain itu memalsukan informasi apapun terkait dengan pekerjaan juga dapat mengarah pada pemecatan.

Menyebarluaskan data penting klien

Setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan untuk tidak menyebarkan data pribadi klien kepada siapapun. Sekali saja Anda melakukan hal ini, siap-siap saja untuk dipecat.

Bekerja melewati batas waktu

Karyawan memiliki hak untuk dibayar penuh atas jam kerja mereka. Namun bukan berarti ketika mereka bekerja lembur, tanpa ada ijin dari manajer, mereka juga tetap berhak mendapatkan bayaran tersebut. Beberapa karyawan mungkin berpikir bahwa lembur tanpa ijin dari atasannya bukanlah suatu masalah. Namun tentu saja hal ini akan menjadi masalah jika terus-menerus dilakukan.

Bekerja untuk kompetitor

Beberapa karyawan mungkin mencoba mengambil keuntungan melalui setiap kesempatan yang ada, salah satunya dengan cara bekerja lepas pada kompetitor bisnis perusahaan Anda.

Baca juga: 7 tipe karyawan yang harus dipecat segera

9 status yang bisa membuat Anda dipecat