47% Pekerja Melamun Saat Meeting

Siapa yang tidak pernah melamun? Mungkin tanpa Anda sadari Anda sering melamunkan hal yang tidak ada kaitannya pada saat itu. Apalagi pada saat meeting. Melamun bukanlah suatu kegiatan yang salah ataupun berdosa karena bisa dibilang wajar.

Mengapa hal ini terbilang wajar? Karena menurut studi yang dilakukan oleh Radisson Blu Hotels, ditemukan bahwa hampir sebagian besar para pekerja kantoran (47%) mengaku bahwa mereka pernah melamun pada saat meeting. Sedangkan 37% nya merasa bahwa mereka sempat terlewatkan apa yang sedang diperbincangkan pada saat itu. Selebihnya, sebanyak 19% mengintip ponsel mereka, 11% bahkan pernah tertidur, dan 9% pernah memainkan game untuk menghibur diri mereka.

Baca juga: ‘Meeting’, Momok atau Pemicu Produktivitas?

Responden dalam studi ini menunjukkan bahwa mereka melangsungkan meeting tiga kali sehari, dengan durasi rata-rata satu jam (kurang lebih 68 menit, bahkan di London samapi 74 menit).

Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa ada karyawan yang menghadiri lebih dari 10 meeting per harinya atau menyatakan bahwa mereka setidaknya menghabiskan waktu hingga tiga jam lebih setiap harinya untuk meeting.

Menurut Schermerhorn, meeting merupakan suatu situasi di mana informasi itu dibagi, keputusan dibuat dan setiap orang yang hadir mampu memahami permasalahan yang sedang dihadapi dan berusaha untuk menyelesaikannya bersama. Selain itu, meeting mungkin menjadi elemen penting dalam melangsungkan bisnis. Namun hasil studi menunjukan bahwa tidak semua pekerja terlibat seperti yang seharusnya.

Sebanyak 27% responden menyatakan bahwa meeting yang mereka jalani cukup bermanfaat sedangkan 15% sisanya menyatakan bahwa meeting hanya menghabiskan waktu mereka. Terdapat tiga alasan tertinggi yang menyebabkan meeting menghabiskan waktu mereka, yaitu: tidak adanya agenda yang jelas (66%), tidak diatur dengan baik (50%) dan fasilitas yang kurang nyaman (11%).

Baca juga: Meeting dan Email Kuras Energi Karyawan

Tags: , ,