4 Tipe Gaya Produktivitas

4 tipe produktivitas 2

Setiap orang memiliki gaya kerja yang berbeda-beda. Gaya kerja yang berbeda-beda ini juga memberikan dampak pada gaya produktivitas seseorang. Perbedaan gaya bekerja inilah yang biasanya mengarahkan pada salah paham dan sebagainya, bahkan tidak jarang dapat mengurangi efektivitas dalam bekerja.

Produktivitas dan efektivitas kerja berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk bekerja sama dengan orang lain. Jika Anda bekerja sama dengan orang yang gaya bekerjanya berbeda dengan Anda, tidak jarang akan terjadi salah paham ataupun konflik.

Tahukah Anda, bahwa terdapat empat jenis gaya produktivitas, yaitu: prioritizer, planner, arranger dan visualizer. Keempatnya memiliki kekuatan masing-masing yang membuat mereka terlihat menonjol. Sebelum Anda mengalami konflik, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana gaya bekerja Anda dan rekan-rekan Anda. Jika Anda sudah mengetahuinya, maka Anda bisa mengambil langkah-langkah bagaimana dalam menghadapinya. Apa saja empat jenis gaya produktivitas tersebut? Mari simak pemaparannya di bawah ini.

Baca juga: Keuangan Karyawan menentukan Produktivitas Kerja

4 tipe produktivitas

Jika Anda bekerja dengan seorang Prioritizer, akan lebih baik jika Anda bertanya dengan kata tanya “What.” Prioritizer adalah orang yang tidak suka basa-basi. Sampaikan informasi dengan langsung, tepat dan akurat. Seorang prioritizer tidak akan masalah jika Anda membalas email dengan singkat namun padat dan jelas.

Jika Anda bekerja dengan seorang Planner, akan lebih baik jika Anda bertanya dengan kata tanya “How.” Planner merupakan orang yang sangat well-organized, terencana dan detail. Pertanyaan Bagaimana akan membuat komunikasi lebih efektif. Seorang Planner membutuhkan informasi yang detail, perencanaan yang baik dan yang terpenting tepat waktu.

Jika Anda bekerja dengan seorang Arranger, akan lebih baik jika Anda bertanya dengan kata tanya “Who.” Seorang arranger adalah orang yang sangat suportif, ekspresif, emosional dan intuitif. Tidak akan masalah jika Anda berbasa-basi terlebih dahulu baru menuju poin yang Anda inginkan saat berkomunikasi dengannya.

Jika Anda bekerja dengan seorang Visualizer, akan lebih baik jika Anda bertanya dengan kata tanya “Why.” Segala macam bentuk informasi yang diberikan dalam bentuk visual akan lebih mudah dipahaminya olehnya. Dalam mengirimkan email, pastikan Anda memberikan informasi dalam bentuk visual juga karena visual tersebutlah yang akan ia ingat.

Bekerja sama dengan orang lain adalah hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Langkah pertamanya adalah dengan menjalin komunikasi yang baik. Salah satu cara sederhannya adalah dengan menjawab pertanyaan what, who, how dan why.

4 tipe produktivitas 2

Baca juga: Kelola Semangat Karyawan atau Kehilangan Produktivitas

Tags: ,