4 Cara Menghindari Kesalahan yang ‘Biasa’ Dilakukan Pemimpin

below-257882_640

Tidak ada manusia yang sempurna. Anda semua pasti mengetahui hal tersebut. Termasuk seseorang yang menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin. Tidak ada pemimpin yang sempurna dan luput dari kesalahan.

below-257882_640

Namun begitu, bukan berarti seorang pemimpin berhak melakukan kesalahan. Ada kalanya kesalahan tersebut dapat dihindari ataupun diminimalisir. Seperti artikel yang dilansir dari entrepreneur.com, terdapat 4 (empat) kesalahan yang biasanya dilakukan oleh seorang pemimpin dan bagaimana cara menghindarinya. Penasaran? Simak pemaparannya berikut ini.

1. Tidak memberikan feedback yang cukup

Untuk melakukan evaluasi, tentu saja dibutuhkan feedback. Namun nyatanya banyak pemimpin yang merasa ragu dalam memberikan feedback dan membiarkan orang lain menyadarinya. Jika Anda merasa bahwa ada yang kurang dari apa yang dilakukan oleh tim Anda, maka perlu bagi Anda untuk memberikan feedback.

Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah menjadikan pemberian feedback sebagai suatu kebiasaan. Perlu Anda ingat bahwa feedback tidak selamanya hal yang negatif, namun juga bisa hal yang positif. Beritahulah tim Anda jika apa yang mereka lakukan sudah baik ataupun belum cukup baik. Sehingga mereka dapat mengembangkan diri mereka.

Baca juga: 8 Tanda Pemimpin Buruk

2. Memberikan waktu bagi Tim Anda

Jadwal Anda yang terlampau sibuk membuat Anda tidak memiliki waktu bagi tim Anda. Padahal penting bagi seorang pemimpin untuk memberikan arahan dan dukungan bagi timnya. Solusinya adalah dengan mengusahakan mengosongkan jadwal bagi tim Anda. Yakinkan pada mereka bahwa Anda akan selalu ada jika mereka membutuhkan Anda. Tentu saja tidak hanya sekedar janji, namun harus Anda tepati.

3. Tujuan yang tidak jelas

Untuk membuat tim Anda produktif, maka Anda harus menjelaskan tujuannya dengan jelas. Anda tidak bisa membiarkan mereka untuk menyusun tujuan ataupun memberikan deadline. Tanpa arahan yang jelas, tim Anda tidak akan bekerja dengan produktif.

Salah satu cara menghindarinya adalah jelaskan target ataupun tujuan Anda dengan sejelas-jelasnya pada tim Anda. Pastikan setiap orang mengetahuinya dengan baik. Tanyalah progress mereka secara berkala untuk memastikan bahwa mereka sedang menuju target yang Anda harapkan.

4. Gagal untuk mendelegasikan tugas

Perlu Anda ingat bahwa Anda bukanlah super human yang bisa mengerjakan berbagai macam hal sendirian. Meskipun sulit rasanya untuk mendelegasikan tugas yang Anda lakukan pada orang lain, namun tetap saja Anda harus mencobanya. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan tim Anda untuk memastikan bahwa setiap orang bisa mencapai target yang ditentukan. Dengan begitu Anda sendiri tidak akan khawatir. (*)