2030: Posisi Middle Manager akan Menghilang

Pernahkah Anda membayangkan bahwa 15 tahun lagi pekerjaan Anda saat ini akan tidak ada lagi? Jika tidak pernah, mungkin mulai saat ini Anda bisa mulai mempersiapkan diri Anda untuk mencari pekerjaan lain.

Commercial Real Estate Services (CBRE) dan Genesis melakukan wawancara kepada para ahli, para pemimpin bisnis dan anak-anak muda di Asia Pasifik, Eropa dan Amerika Utara. Hasil wawancara ini kemudian dipublikasikan dengan judul Fast Forward 2030: The Future of Work and the Workplace.

Hasilnya, ditemukan bahwa 50% pekerjaan pada saat ini tidak akan lagi eksis pada tahun 2025. Hal ini terjadi dikarenakan banyak orang yang akan mengambil pekerjaan-pekerjaan yang lebih kreatif. Posisi middle manager pun akan menghilang seiring dengan berevolusinya pekerjaan. Selain itu ruang kerja dengan meja kerja yang berderet pun akan mulai berganti karena pekerjaan nanti sudah tidak cocok dilakukan pada tempat yang seperti itu.

Baca juga: Seperti apa bekerja di masa depan?

Pekerjaan yang baru pada masa yang akan datang akan lebih membutuhkan kecerdasan kreatif, kecerdasan sosial dan emosional. Kecerdasan buatan juga diharapkan dapat merubah bisnis dan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Diharapkan pekerjaan dengan kebutuhan seperti itu akan lebih memuaskan manusia. Hal lain yang ditemukan adalah adanya signifikansi antara pekeraan dengan kebahagiaan lebih dari keuangan.

Menurut Peter Andrew, selaku Director of Workplace Strategy CBRE Asia Pacific, “Pada 15 tahun ke depan kita akan melihat evolusi dari cara kita bekerja dan hal ini akan mempengaruhi bagaimana kita merencanakan dan memikirkan mengenai ruang kerja kita.”

“Perubahan yang terjadi dalam bagaimana individu bekerja, seperti yang kita lihat dalam dua dekade terakhir, akan terus berevolusi hingga 15 tahun ke depan. Hal ini akan membuka kesempatan bagi para perusahaan untuk mmbuat nilai dan meningkatkan performa kerja karyawan melalui ruang kerja yang lebih baik,” tambahnya Andrew.

Sudah siapkah Anda menghadapi evolusi pekerjaan pada masa yang akan datang?

Baca juga: Menyiapkan Top Talent Masa Depan: dari Dalam atau “Beli” di Pasar?

Tags: ,