10 Pekerjaan yang akan Digantikan Mesin

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Oxford University, diketahui bahwa pada tahun 2033 sebanyak 47% pekerjaan akan digantikan oleh mesin otomatis.

Jika Anda ingin mempertahankan karir Anda, mungkin ada baiknya jika Anda mengecek daftar berikut seperti yang kami kutip dari Mashable.com:

1. Teller Bank

Kapan terakhir kali Anda melakukan transaksi melalui teller bank? Kecuali jika Anda melakukan transaksi yang cukup kompleks, selebihnya transaksi dapat dilakukan melalui ATM.

Mark Gilder, director of distribution strategy Citibank menyatakan, sebanyak 85% transaksi yang dilakukan melalui teller, dapat juga dilakukan melalui ATM.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Bureau of Labor Statistics (BLS) diketahui bahwa hanya sedikit bahkan tidak ada perubahan angka pada pekerjaan ini sampai tahun 2022.

2. Kasir

Kasir sepertinya adalah pekerjaan yang paling memungkinkan untuk digantikan dengan mesin. Jika Anda pergi ke supermarket, bukan hal yang aneh jika Anda melihat mesin self-checkout. Terdapat 430.000 mesin self-checkout yang tersebar di seluruh dunia. Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan pada tahun 2008.

3. Resepsionis

Sekarang perusahaan dapat berhemat dengan tidak lagi merekrut seseorang untuk menjawab telepon. Berterimakasihlah kepada program perangkat lunak Virtual Receptionist, dimana yang lainnya dilakukan oleh Davinci Live Receptionist. Lain lagi di Jepang, dimana posisi resepsionis digantikan oleh robot. Namun untunglah masih banyak konsumen merasa tidak nyaman dengan panggilan mereka yang dijawab oleh mesin. Hal ini kemudian yang menyebabkan posisi resepsionis belum sepenuhnya dapat tergantikan.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh  BLS, posisi resepsionis meningkat secara rata-rata sebesar 14%.

4. Operator Telepon

Operator telepon, yakni orang yang menjawab panggilan telepon bagi perusahaan atau mungkin dokter, merupakan pekerjaan yang sangat memungkinkan untuk digantikan oleh mesin.

5. Kurir

Kemajuan teknologi dengan adanya e-mail membuat pekerjaan ini mulai tergantikan. Berdasarkan studi yang dilakukan BLS, pekerjaan pengantar surat akan menurun sebesar 28% sampai tahun 2022.

6. Agen Travel

Beberapa tahun yang lalu, untuk melakukan check-in penerbangan kita harus menemui travel agent untuk melakukannya. Saat ini, jangankan untuk melakukan check-in, untuk booking penerbangan saja kita dapat melakukannya melalui internet. BLS memperkirakan bahwa pekerjaan seperti travel agent akan menurun sebesar 12% pada tahun 2022.

7. Tukang ketik

Bayangkan jika CEO perusahaan modern saat ini meminta sekretarisnya untuk mengetikkan surat. Namun pada masa kini dengan adanya blog dan voice recognition, hal ini dapat dilakukan oleh CEO sendiri. Namun BLS memperkirakan bahwa posisi ini masih akan meningkat sebesar 6% dalam delapan tahun ke depan.

8. Reporter surat kabar

Blogs dan Google News dapat menggantikan posisi surat kabar yang ada pada saat ini. Selain itu artikel pun dapat ditulis dengan menggunakan perangkat lunak. Sebagai contoh, The New York Times menggunakan teknologi web semantik untuk memberikan pengumuman. Berdasarkan hal ini BLS memperkirakan bahwa pekerjaan ini akan menyusut sebesar 13% sampai 2022.

9. Petugas Data Entry

Perangkat lunak juga sudah mampu untuk melakukan data entry. Hal ini menyebabkan pekerjaan ini tidak lagi membutuhkan tenaga manusia.

10. Telemarketer

Pekerjaan ini secara meningkat digantikan oleh robocalls yang dapat melayani konsumen secara 24/7 dan dapat mengatur gairah mereka dalam bekerja meskipun konsumen memutuskan panggilan mereka.

 

Tags: ,