10 Barang Aneh di Tempat Kerja

bbc 10

Seorang pekerja duduk dikelilingi boneka llama dengan ukuran yang sebenarnya yang terbuat dari plastik, kemudian ada juga perosotan di dalam kantor, atau bahkan disco tunnel. Terdengar tidak mungkin memang jika itu adalah deskripsi tentang sebuah ruangan kantor. Tapi hal ini terjadi. Beberapa barang “ganjil” tersebut memang ada di beberapa kantor paling keren di UK.

Dilansir dari bbc.co.uk, beberapa perusahaan, terutama yang bergerak dalam industri kreatif atau teknologi, menginvestasikan sejumlah uang untuk membuat kantor mereka menarik. Alih-alih terlihat seperti ruangan bisnis profesional, kantor tersebut justru terlihat seperti taman bermain (playground) bagi orang dewasa.

Desain yang sedemikian unik tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Pemilik perusahaan berharap agar atmosfer kerja semacam itu dapat mendorong adanya perbincangan yang hangat dan kolaborasi di antara karyawan, membuat karyawan ceria, dan utamanya, memancing ide-ide kreatif bagi karyawan.

Berikut adalah 10  barang “ganjil” yang ditemukan di beberapa kantor di Inggris:

1. Rumah Pohon yang terbuat dari Kayu (Mind Candy)

Mind Candy, perusahaan yang berada di belakang mainan anak-anak bernama “Moshi Monster”, memiliki kantor yang mendorong karyawannya berpikir dalam sudut pandang konsumen. Kantor yang berbasis di Silicon Roundabout, London ini memiliki sebuah ruang meeting berupa rumah pohon dan rumah ginger bread. Tidak hanya itu, kantor tersebut juga dilengkapi dengan tembok yang bisa diwarnai dan sebuah ruangan senyap yang terlihat seperti lubang para hobbit.

Berpikir layaknya anak-anak akan meningkatkan kreativitas karena anak-anak selalu bertanya jika ada peraturan atau norma tertentu. Claire Bridges, pendiri Go Create yang merupakan konsultan bisnis untuk perusahaan menjadi lebih kreatif mengungkapkan, “Anak-anak berpikir tanpa ada batasan. Mereka akan bertanya “kenapa” untuk segala hal yang ia temui dan selalu muncul dengan ide-ide original”.

2. Perosotan (Ticketmaster)


Awal tahun ini, Ticket Maaster, perusahaan Amerika melakukan ekspansi dan mendirikan head office di London. Ada satu hal yang spesial di kantor tersebut yakni dibuatnya sebuah perosotan besi di dalam ruangan. Karyawan dapat menggunakan perosotan tersebut untuk menuju ruangan bar dimana permainan sepak bola meja dan mesin pinball menunggu di tempat tersebut.

Keceriaan adalah bagian vital dari proses kreatif. Menurut Matt Kingdon, konsultan inovasi, perosotan tersebut tidak bisa dilihat sebagai perosotan secara harfiah. Tetapi lebih sebagai alat untuk menumbuhkan sosialisai dan interaksi antar karyawan, membentuk keakraban dan memberikan tantangan bagi status quo.

3. Disco tunnel (Karmarama)

Memasuki ruang kantor dengan melewati ”disco tunnel” mungkin dapat menghilangkan mood buruk kita pada senin pagi. Karmarama, sebuah perusahaan agensi iklan juga memiliki barang-barang aneh di tempat kerjanya. Di dalam disco tunnel tersebut terdapat boneka llama plastik berukuran sesungguhnya, sebuah mobil VW, dan patung Budha besar berwarna merah. Kantor mereka sengaja didesain “funky” karena kondisi tersebut dapat memicu timbulnya ide-ide yang “funky” pula.

4. Lantai berumput (Innocent Drinks)

Seluruh lantai kantor di Innocent ditutup dengan rumput tiruan, bahkan lantai-lantai di bawah meja. Dapur utama juga dilengkapi dengan pencahayaan natural dan bangku-bangku sehingga karyawan dapat duduk bersama. Selain itu, perusahaan juga menyediakan pojok baca dengan buku-buku pilihan.

“Sementara di setiap ruangan terdapat pojok teh (tea station), dapur utama hanya ada satu sehingga para karyawan dapat duduk bersama dan saling bersosialisasi,” ungkap Charlie Heavey, environment manager dari Innocent.

5. Bangku Piknik – Duke Studios


Seperti Innocent Drinks, Duke juga memiliki sebuah ruangan yang didesain seperti outdoor. Terinspirasi dari Google dan Pixar, mereka membangun ruang kantor impian tersebut tahun lalu dan sekarang mereka telah memiliki 42 bisnis kreatif skala kecil. Ruangan tersebut dibuat terbuka tanpa sekat sehingga karyawan dapat berinteraksi satu sama lain.

“Dengan berinteraksi, kita dapat mendengar ide-ide dari karyawan lain, sehingga proses kreatif terus berjalan. Networking memang tidak selalu berjalan secara natural pada setiap orang, oleh karena itu, perusahaan harus memfasilitasi hal tersebut. Kami mendesain kantor hingga memungkinkan karyawan untuk bertemu dan berjabat tangan,” ungkap co-founder dari Duke Studios.

6. Langit indoor (Virgin Money)


Virgin Money di Edinburgh memiliki gambar langit di langit-langit kantor mereka. Perusahaan keuangan tersebut mendapatkan penghargaan dari British Council untuk perkantoran di Inggris. Pembuatan langit-langit ini didasarkan pada teori bahwa dengan memandang awan dan langit, kita dapat meningkatkan kreativitas. Untuk menjai lebih kreatif, Bridges mengatakan bahwa orang memerlukan pikiran bawah sadar mereka.

7. Dinding berlapis-lapis (Wieden + Kennedy)

Dinding berupa sel-sel berlapis dapat kita jumpai di Wieden + Kennedy. Dalam ruangan tersebut karyawan dapat melakukan apapun termasuk berteriak atau bermain akustik. Ruangan tersebut dibangun setelah seseorang mengatakan pada Creative Director Wieden, Tony Davidson bahwa kreativitas dapat berjalan ketika ia berada dalam ruangan yang dibangun dengan struktur berlapis dan empuk.

8. Sebuah meja super besar (Mother London)


Tidak ada anak kesayangan di Mother London. Semua orang bekerja pada meja yang sama. Sebuah meja super besar, dan semua staff dari agensi periklanan tersebut duduk di sepanjang pinggiran meja raksasa tersebut. Meja yang besar di Shoreditch’s Tea Building tersebut dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi antar staff dan menghilangkan hirearki.

9. Gubug Pantai (Man Bites Dog)


Sebuah agensi PR di Brighton memiliki kantor yang dikondisikan seperti bangunan rumah di pantai. Di dalam ruangan terdapat dermaga panjang, kemudian ruangan meeting didesain seperti pondok di pantai. Sebuah ruangan juga didesain layaknya hutan. Claire Mason, Managing Director memaparkan bahwa kita mengaitkan loyalitas, engagement, produktivitas, kualitas kerja dan kepuasan tim dengan tempat kerja mereka, maka Man Bites Dog adalah pemenangnya.

10. Dinding Papan Tulis (Badoo)


Badoo, sebuah perusahaan social network memiliki kantor dengan papan tulis kapur sangat besar yang dipenuhi oleh berita update tentang undangan-undangan dan product news. Selain itu, kantor tersebut juga memiliki ayunan, meja kolam renang dan langit-langit yang memungkinkan pencahayaan alami. Sama dengan beberapa kantor lain, di sini karyawan juga didorong dan difasilitasi untuk berkomunikasi satu sama lain.

Mengenai pola komunikasi, perusahaan perlu berhati-hati dengan konsep kolaborasi tersebut. Pasalnya, beberapa orang justru akan menjadi kreatif melalui proses kontemplasi dan dibiarkan sendiri. Intinya, perusahaan harus memberikan kebebasan bagi karyawan untuk menumbuhkan kreativitas dengan cara masing-masing.

Photo Courtesy: BBC.co.uk

Tags: