Turn Over Tinggi dan Sulit Merekrut Tenaga Marketing

Pertanyaan :

Selamat siang. Perusahaan kami mengalami turn over yang sangat cepat, terutama di tenaga marketing karena adanya target yang harus dicapai. Sebagai gambaran, tenaga marketing di perusahaan futures, mungkin lebih tepat disebut tenaga sales, mempunyai target untuk mendapatkan klien selama masa percobaan. Bila masa percobaan berakhir karyawan baru belum mendapatkan klien, maka karyawan tersebut akan dilepas. Target customer yang diharapkan adalah orang-orang yang mempunyai dana lebih untuk diinvestasikan ke forex. Yang menjadi pertanyaan saya, kriteria - kriteria apa saja yang kira-kira diperlukan untuk bidang pekerjaan ini? Pertanyaan kedua, belakangan ini saya merasa susah sekali mendapatkan pegawai baru dari iklan-iklan lowongan pekerjaan yang saya buat, baik di milis, di koran, maupun di media media lain. Apakah hal ini juga dialami perusahaan lain, atau karena efek dari perusahaan kita yang buntutnya ada kata marketing? Mengapa kebanyakan orang sepertinya menghindari kata marketing? Satu lagi, mungkin agak di luar konteks. Mengapa sekarang marketing identik dengan sales? Bukankah marketing ada tugasnya sendiri dan sales pun ada tugasnya sendiri. Mengapa sekarang marketing dan sales seakan akan identik?


Jawaban :

Untuk Pak Donny, berikut ini adalah pendapat saya untuk pertanyaan pertama.

Kriteria-kriteria apa saja yang diperlukan untuk bidang pekerjaan marketing? Jawabannya tergantung pada apa yang ingin dicapai oleh organisasi secara umum dan apa yang ingin dicapai oleh bidang, departemen atau fungsi marketing secara khusus. Setiap organisasi, tergantung dari jenis produk dan industrinya, tentu akan datang dengan jawaban yang bisa berbeda. Jawaban yang spesifik mengenai apa yang ingin dicapai oleh, terutama, fungsi marketing ini akan membantu Bapak untuk menentukan kualifikasi dan kompetensi karyawan.

Kompetensi umumnya dibagi menjadi dua kelompok besar; kompetensi umum/general/soft dan kompetensi spesifik/teknis/hard. Kompetensi umum adalah kompetensi yang diperlukan oleh seluruh karyawan di dalam suatu organisasi atau perusahaan Bapak, misalnya Kemampuan Komunikasi, Kepemimpinan, Kerjasama Tim dll. Sementara kompetensi spesifik adalah kompetensi yang diperlukan pada suatu bagian tertentu/departemen/divisi dari organisasi, misalnya Kemampuan membaca laporan keuangan, MIS, Manajemen Resiko, Manajemen Pemasaran dll.

Nah, kompetensi umum dan spesifik apakah yang diperlukan di bagian marketing pada perusahaan Bapak, akan tergantung dari apa yang Bapak atau organisasi perlukan? Sebagai contoh, pengetahuan produk futures atau derivatives, saya kira merupakan salah-satu kompetensi teknik yang diperlukan di bagian ini. Sementara itu, karena ini menyangkut penjualan, maka kemampuan berkomunikasi yang baik, serta kerjasama tim kemungkinan besar akan diperlukan di bagian kompetensi umum (soft). Kembali, jawaban pastinya tergantung apa yang organisasi ingin capai atau perlukan dari bagian ini.

Pertanyaan kedua, sebaiknya ditanyakan juga pada konsultan marketing. Secara umum, marketing dan sales adalah dua aktivitas yang berbeda. Secara ringkas dunia marketing lebih banyak berhubungan dengan penciptaan image, awareness, branding, positioning dari produk dan jasa, sementara sales berhubungan dengan penjualan produk dan jasa itu sendiri.