Tunjangan Kesehatan kepada Anggota Keluarga di Luar Kota

Pertanyaan :

Ass.,Wr.Wb.

Salam hormat saya haturkan pada Ibu,

Singkat saja bu, banyak yang akan saya pertanyakan, tapi untuk sementara waktu saya cuma ingin bertanya masalah tunjangan kesehatan.

Saya baru saja dimutasi, dalam hal ini, keluarga tidak ikut saya sertakan, alias tinggal di kampung. Apakah istri dan anak yang berada di kampung, mendapat dan berlaku penggantian biaya pengobatan? Sebab pihak management bilang, berlaku bila hanya tinggal di daerah tempat saya bekerja, lalu bila saya tidak menggunakannya karena istri dan anak di kampung, apakah itu menjadi keuntungan perusahaan? Mohon pencerahannya bu, maaf dan terimakasih saya haturkan.

Salam hormat.

Wassalam.


Jawaban :

JAWAB:

Tunjangan kesehatan merupakan FASILITAS yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Pada dasarnya perusahaan memberikan fasilitas ini agar karyawan lebih konsentrasi dalam bekerja karena biaya kesehatan dijamin oleh perusahaan.

Oleh karena bersifat fasilitas dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan kondisi dan kemampuan perusahaan, maka tidak ada ketentuan perundangan yang mengatur hal ini. Sepenuhnya fasilitas tunjangan kesehatan berdasarkan kebijakan dari perusahaan.

Terkait dengan kondisi yang Anda hadapi, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan pihak perusahaan, tanyakan latar belakang kebijakan tersebut sampaikan alasan keluarga tidak tinggal beserta Anda dan minta kebijakan perusahaan untuk memberikan fasilitas kesehatan untuk keluarga Anda.

Demikian, semoga berhasil