Tentang Pesangon dan Uang Jasa untuk Karyawan Mutasi

Pertanyaan :

Apabila ada Karyawan kita yang dimutasi ke perusahaan lain tapi masih satu grup dengan perusahaan kita, apa berhak dapat uang pesangon dan uang jasa (dia dimutasi atas kemauan big bos dari grup)? Pertanyaan kedua, ada 2 perusahaan Join Venture dengan 2 pemilik. Lalu, pemilik yang satu divestasi sahamnya ke pemilik lainnya, sehingga 2 perusahaan tersebut menjadi 1 pemilik. Masalahnya, karyawan di perusahaan yang pemiliknya keluar tadi tak bersedia ikut perusahaan itu, malah ikut pemilik sebelumnya yang sahamnya didivestasikan ke pemilik satunya. Apakah karyawan tersebut berhak memperoleh uang pesangon dan uang jasa?


Jawaban :

1. Meski satu group, perlu dijelaskan apakah perusahaan lain itu merupakan badan hukum sendiri. Bila perusahaan lain merupakan badan hukum sendiri, perpindahan tersebut dapat dilaksanakan dalam 2 kemungkinan: PHK dulu dari perusahaan asal, pekerja mendapatkan pesangon, masa kerja di perusahaan baru mulai dari nol. Atau, tanpa PHK dari perusahaan asal, pekerja tidak mendapatkan pembayaran apa pun, masa kerja dari perusahaan asal diteruskan di perusahaan baru, bila nanti PHK di perusahaan baru, masa kerja yang dari perusahaan asal diperhitungkan.

2. Pekerja yang tidak bersedia melanjutkan bekerja di perusahaan setelah perusahaan Join Venture menjadi satu, berhak atas pesangon 1 X Pasal 156 ayat (2) UU 13/2003.