Tenaga Masih Dibutuhkan tapi Kontrak Tidak Diperbarui

Pertanyaan :

Saya bekerja di sebuah perusahaan konsultan manajemen sektor publik dari Kanada dengan status karyawan kontrak dengan perincian: Proyek pertama, saya sudah dua kali menandatangani perpanjangan proyek dimana durasi kontrak saya dari Desember 2007 - Mei 2008. Proyek kedua, saya dikontrak sejak Juni 2008 - November 2009. Sejak November 2009 hingga saat ini belum ada perpanjangan kontrak baru. Pertanyaan saya:

1. Adakah sanksi bagi perusahaan yang tidak memperbaharui kontrak kerja dimana hingga saat ini saya masih dibutuhkan dan perpanjangan kontrak hanya diberitahukan melalui verbal saja?

2. Apakah benar jika sudah dikontrak 2 kali maka perpanjangan kontrak berikutnya tidak sah karena perusahaan harus mengangkat menjadi karyawan tetap?

3. Apakah ada perhitungan pesangon ataupun upah masa kerja jika perusahaan memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak saya?

4. Apakah yang dapat saya lakukan, mengingat office manager kantor saya tidak begitu paham mengenai ketenagakerjaan?


Jawaban :

1. Perpanjangan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu harus diberitahukan kepada pekerja yang bersangkutan paling lama 7 hari sebelum perjanjian kerja tersebut habis waktunya. Pemberitahuan harus tertulis. Lihat Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pasal 59 ayat (5).

2. Apabila hal pada butir (1) tidak dilakukan oleh pengusaha, maka demi hukum (otomatis) perjanjian kerja tersebut berubah menjadi waktu tidak tertentu (permanen). Lihat Pasal 59 ayat (7) undang-undang yang sama.

3. Jika setelah perpanjangan yang terakhir perusahaan melakukan PHK, Anda berhak atas pesangon.

4. Silakan berkonsultasi/melaporkan kasus Anda ke Dinas Tenaga Kerja setempat (yang kewenangannya meliputi kantor perusahaan Anda berada).