Seberapa Penting Peranan dan Fungsi HRD Dalam Suatu Perusahaan?

Pertanyaan :

Seberapa penting peranan dan fungsi HRD dalam suatu perusahaan? Terutama yang ada kaitannya dengan pembuatan job description tiap divisi dan rekrutmen karyawan. Dan apakah job description untuk HRD itu sendiri? Terima kasih atas penjelasannya.


Jawaban :

Setiap perusahaan atau organisasi dibentuk untuk suatu tujuan. Peran HR department di dalam perusahaan sangat penting karena merekalah yang bertanggung-jawab untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memotivasi SDM yang diperlukan dan yang ada sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Dengan demikian, membuat job description dan melakukan rekrutmen hanya merupakan bagian kecil saja dari peran HR yang demikian luas. Job description membantu pegawai untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan, namun selain itu pegawai juga perlu mengetahui target-target spesifik pekerjaan yang perlu dicapai, memerlukan pelatihan dan pengembangan yang sesuai, dan perlu mendapatkan reward yang kompetitif dan memotivasi dll. HR berperan untuk membangun sistem dan program yang membantu tujuan-tujuan ini dapat tercapai.