Restrukturisasi Gaji?

Pertanyaan :

Diperusahaan tempat saya bekerja masih menggunakan gaji gross. Belakangan ada ide untuk merestrukturisasi gaji. Jadi gaji gross akan kita bagi menjadi gaji pokok dan tunjangan jabatan (restrukturisasi berlaku untuk profesional, tidak frontliner). Mohon bimbingan tentang apa saja yang harus diperhatikan (aspek legal maupun administrasinya).


Jawaban :

Dari sisi karyawan, yang penting mereka tidak merasa dirugikan, misalnya gaji yang diterima menjadi berkurang. Dari sisi hukum, UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan Bab X, Pasal 94 mengatakan bahwa “dalam hal komponen kompensasi terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75% dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap.” Dengan demikian, bila tunjangan jabatan itu merupakan tunjangan tetap maka proporsinya harus memenuhi peraturan di atas.

Hal lain yang juga penting adalah bagaimana kita men-disain sistem penggajian yang dapat memotivasi karyawan untuk berprestasi setinggi mungkin. Tingkat gaji pegawai terhadap tingkat gaji di pasar atau industri, jenis dan proporsi komponen-komponen gaji yang diberikan, bujet yang tersedia, serta hubungan gaji dengan performance pegawai merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mendisain suatu sistem penggajian.