Pindah Perusahaan dalam Satu Grup, Masa Kerjanya Dihitung dari Mana?

Pertanyaan :

Jika dalam sebuah grup (ada 3 perusahaan A, B, C), Adi (sebut saja begitu) sudah bekerja di perusahaan A selama 5 tahun, kemudian dimutasi ke perusahaan B pada tahun ke 6, apakah masa kerjanya dihitung di perusahaan A? Sebab, saat ini Adi sedang meminta referensi (dia sudah setahun di perusahaan B) dan menuntut perhitungan masa kerja di perusahaan A, sedangkan pihak HR (Holding) menganggap masa kerja Adi di perusahaan A tidak dihitung.


Jawaban :

1. Masing-masing perusahaan (A, B, C) merupakan badan hukum sendiri-sendiri.

2. Pertanyaannya, bagaimana status hubungan kerja Adi dengan perusahaan A ketika dia harus pindah ke perusahaan B ? Ada dua kemungkinan: Dilakukan PHK antara Adi dengan perusahaan A, dan semua hak-hak Adi dibayarkan secara penuh; atau, tidak ada PHK antara Adi dengan perusahaan A dengan konsekuensi masa kerja Adi di perusahaan A harus diperhitungkan ketika dia berada/bekerja di perusahaan B.

3. Holding tidak dibenarkan mengatur yang demikian. Bagaimana Holding akan menjelaskan ketika Adi harus keluar dari suatu perusahaan yang berbadan hukum sendiri secara penuh (perusahaan A)?

4. Hubungan kerja Adi adalah dengan Perusahaan A, bukan dengan Holding.