PHK karena Perubahan Manajemen

Pertanyaan :

Selamat sore Ibu Wiwiek

Di kantor kami akan ada PHK karena ada perubahan dari segi management dan pemegang saham. Saya masuk di kantor tersebut tanggal 5 Februari 2009, yang ingin saya tanyakan :
1. Kalau proses PHK terjadi di bulan Januari 2011 ini, berapa yang saya dapatkan dan hak hak apa saja yang harus saya dapatkan?
2. Kalau proses PHK itu terjadi di bulan Februari 2011 (misal tanggal 6 atau 7 Februari) berapa yang saya dapatkan dan hak-hak apa saja yang saya terima bu?
Mohon penjelasannya

Terima kasih

Salam


Jawaban :

PHK karena terjadi perubahan manajemen dan perusahaan tidak bersedia mempekerjakan karyawan sebelumnya, mengacu pada pasal 163 ayat 2 sbb:
"Pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja/buruh karena perubahan status, penggabungan, atau peleburan perusahaan, dan pengusaha tidak bersedia menerima pekerja/buruh di perusahaannya, maka pekerja/buruh berhak atas uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja 1 (satu) kali ketentuan dalam Pasal 156 ayat (3), dan uang penggantian hak sesuai ketentuan dalam Pasal 156 ayat (4)."
Apabila PHK di bulan Januari 2011 maka masa kerja kurang dari 2 tahun, anda mendapatkan:
• Pesangon = 2X2 bulan gaji = 4 bulan gaji
• Penghargaaan masa kerja = tidak ada karena masa kerja kurang dari 3 tahun
• Penggantian hak = 15% X 4 bulan gaji
PHK bulan 6 Februari 2011, maka masa kerja lebih dari 2 tahun, Anda mendapatkan:
• Pesangon = 2X3 bulan gaji = 6 bulan gaji
• Penghargaaan masa kerja = tidak ada karena masa kerja kurang dari 3 tahun
• Penggantian hak  = 15% X 6 bulan gaji

Demikian disampaikan, semoga jelas.