PHK Dengan Alasan Karir Karyawan Komplex

Pertanyaan :

Kepada Yth Pak Bambang,

Saya mau konsul:

1. Apakah perusahaan bisa melakukan PHK terhadap karyawan dengan alasan karir dan masa depan karyawan tersebut komplex (tidak dijelaskan secara detil yang dimaksud komplex) hal ini terjadi setelah di evaluasi oleh team management di kantor pusat.

2. Bisakah perusahaan dituntut karena kasus diatas? karena hal diatas akan merusak citra dan karir karyawan yang bersangkutan.

(Tambahan informasi, karyawan tsb tahun lalu memenangkan Regional Award untuk kategory sales growth terbaik dan Operating income terbaik, dan saat dipanggil oleh HRD untuk di PHK, karyawan tersebut baru pulang dari program Leadership di Kantor pusat dimana program ini adalah untuk karyawan yang dianggap berprestasi dan calon leader masa depan)

Mohon bantuan Bapak.


Jawaban :

1.Alasan PHK sebagaimana yang anda kemukakan, secara normatif hukum tidak dapat digunakan untuk memPHK pekerja, apalagi bila alat bukti tidak mendukung untuk itu. Namun kasus seperti itu banyak juga terjadi di berbagai perusahaan yaitu adanya kondisi/situasi di mana perusahaan merasa tidak cocok dengan seorang pekerja. Saya juga ada beberapa pengalaman memproses PHK karena alasan tersebut.

2.Pengalaman saya, menyadari bahwa bila kasus tersebut sampai ke pengadilan besar kemungkinan akan "kandas" (gugatan PHK oleh Pengusaha tidak dikabulkan Hakim), maka perusahaan mengajak pekerja ybs untuk mengadakan PHK kesepakatan bersama, dan tentu saja melalui negosiasi tentang jumlah pembayaran akhir (biasanya ada pembayaran tambahan di atas ketentuan normatif). Intinya adalah karena PHK tersebut bukan karena pekerja melakukan kesalahan/pelanggaran. PHK berdasarkan kesepakatan bersama bersifat final, di perusahaan.

3.Bila perusahaan melakukan PHK sepihak dengan alasan kondisi sebagaimana yang anda kemukakan, PHK tersebut batal demi hukum (PHK tidak pernah terjadi, hubungan kerja tetap ada). Pekerja sebagai TerPHK dapat memproses kasusnya, silakan laporkan ke Disnaker setempat untuk mendapatkan gambaran proses rinci untuk dapatnya pekerja mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial atas PHK sepihak tersebut (proses rinci tidak mungkin saya uraikan di sini karena akan terlalu panjang).