Perubahan Gaji dari Golongan 3a ke 3f

Pertanyaan :

Saya ingin bertanya mengenai bila seorang akan dipromosikan dengan kenaikan golongan dari 3a ke 3f...apakah salarynya berubah sejak acting atau masa percobaan yang selama 6 bulan dan kenaikan salary tersebut setelah diangkat? Berapakah standar gaji untuk gol 3f tersebut?


Jawaban :

Jawaban:
1. Permasalahan yang anda tanyakan tidak diatur dalam peraturan per-UU-an Ketenagakerjaan.
2. Pengaturan/prosedur yang anda tanyakan merupakan hak prerogative perusahaan untuk mengaturnya, namun lazimnya bila ada serikat pekerja (SP) maka SP juga ikut terlibat dalam penyusunan  policy/ kebijakan tersebut.
3. Ada dua kemungkinan yang diterapkan sehubungan dengan pertanyaan anda.
Sebagian perusahaan menerapkan ketentuan bahwa gaji/upah dan hal-hal lain yang terkait dengan compensation & benefit berubah sejak tanggal efektif pekerja naik golongan. Saya menganut cara tersebut.
3. Sebagian perusahaan yang lain, mereka akan melihat dulu kemampuan pekerja pada golongan yang baru (promoted). Bila kinerjanya dinilai memenuhi syarat (setelah masa percobaan dalam periode tertentu) maka gajinya baru dinaikkan sesuai dengan golonga gaji yang baru.
4. Tidak ada yang salah dan benar antara kedua cara tersebut, dan tidak ada ketentuan yang mengatur dan wajib diikuti. Kata kuncinya adalah aturan mana yang dipakai berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja atau Serikat Pekerja.
5. Tidak ada standar gaji sebagaimana yang anda tanyakan. Bila perlu informasi tentang besarnya gaji pada level tersebut, dapat diperoleh melalui salary/compensation survey.