Perpanjang Kontrak Kerja Tiap Tahun Langgar UU

Pertanyaan :

Pak Bambang,

Saya mendapat tugas menggantikan rekan untuk mengurus SDM call center. Kontrak pengguna jasa dengan perusahaan kami berjalan 3 tahun dan saat ini sudah masuk tahun ke-3. Seluruh karyawan setiap tahunnya dilakukan perpanjangan kontrak. Pertanyaan saya,

1. Apakah benar apabila tahun ke-3 ini berakhir, kami lanjutkan dengan perpanjangan kontrak berikutnya? Mengingat, karyawan sudah 3 kali diperpanjang kontraknya dan kami tidak mungkin mengangkat mereka jadi pegawai tetap --perusahaan kami juga tergantung dari pengguna jasa apakah akan memperpanjang kontraknya.

2. Bisakah apabila tahun ke-3 ini seluruh karyawan diputus kontraknya terlebih dulu, dan kemudian kami minta untuk melamar lagi untuk mendapatkan kontrak baru?


Jawaban :

Perpanjangan kontrak yang dilakukan setiap tahun merupakan pelanggaran terhadap Pasal 59 UU No.13 tahun 2003 (harap dibaca dengan seksama semua ayat dalam pasal ini). Adapun konsekuensi hukum dari pelanggaran tersebut, hubungan kerja berubah statusnya menjadi hubungan kerja waktu tidak tertentu. Hubungan kerja di sini adalah hubungan kerja antara pekerja yang bersangkutan dengan perusahaan penyedia jasa.

Dengan demikian, menjawab pertanyaan kedua, tidak ada gunanya lagi untuk memakai jeda, karena statusnya sudah menjadi pekerja tetap. Konsekuensinya, nanti bila akan mem-PHK mereka harus membayar pesangon dll sesuai Pasal 156 ayat  (2), (3) dan (4), UU No 13/ 2003.