Perjajian Kerja untuk Karyawan Tetap dengan Pekerjaan Tetap

Pertanyaan :

Rekan saya berencana membuka sebuah perusahaan yang skalanya tidak terlalu besar. Dia berencana mengadakan hubungan kerja dengan karyawannya dengan sistem 3 bulan masa percobaan, 1 tahun masa kontrak, kemudian diangkat menjadi pegawai tetap. Apabila sistem yang digunakan seperti itu, bagaimana dengan judul perjanjian kerja pada masa kontrak karena perusahaan rekan saya ingin memiliki pegawai tetap dan usahanya bukan merupakan pekerjaan yang bersifat sementara.


Jawaban :

Pengusaha ingin memiliki pekerja tetap, dan jenis pekerjaan yang ada juga bersifat tetap. Berdasarkan kondisi yang demikian, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 (Undang-Undang Ketenagakerjaan), hubungan kerja harus diadakan dalam hubungan kerja waktu tidak tertentu melalui perjanjian kerja waktu tidak tertentu. Hubungan kerja dengan status waktu tidak tertentu (orang sering menyebutnya dengan status permanen/tetap) boleh diadakan dengan memberlakukan masa percobaan maksimal 3 bulan.

Masa percobaan tidak dapat diperpanjang. Pola hubungan kerja yang direncanakan bertentangan dengan ketentuan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, dan berakibat demi hukum status hubungan kerja berubah dari waktu tertentu menjadi waktu tidak tertentu karena pekerjaan yang bersangkutan pada dasarnya bersifat tetap/permanen.