Penyalur Swasta Diatur Rekanan BUMN, Bagaimana Solusinya?

Pertanyaan :

Perusahaan kami bergerak dalam bidang jasa penyimpanan dan penyaluran produk dari salah satu perusahaan BUMN. Kami perusahaan swasta tapi segala aturan, SOP dan situasi bisnis tergantung dari kebijakan BUMN tersebut. Hal ini berdampak pada operasional kami secara sistemik, dan tidak ada tantangan secara bisnis meskipun telah berdiri banyak perusahaan swasta yang sejenis. Ujung-ujungnya membawa dampak kejenuhan dalam pekerjaan. Mohon solusinya atas kondisi tersebut.


Jawaban :

Sangat dapat dipahami jika situasi kejenuhan dalam pekerjaan khususnya amosfir perusahaan terjadi, terutama jika organisasi tidak memaknakan dan menjalankan operasinya dengan dinamis. Seharusnya, meski jenis usaha tempat Anda bekerja aturan dan SOP-nya sangat tergantung pada kebijakan BUMN namun celah "continuous improvement" selalu ada. Justru di situlah tantangannya bagi organisasi untuk menggerakkan budaya kerja yang sifatnya pemeliharaan proses kerja yang tetap unggul dengan mengusung azas ekonomis, efisien dan efektif. Di sini peran Manajemen dan SDM dalam mengkampanyekan budaya kerja yang lebih positif untuk menggerakkan amosfir yang dinamis memang harus turut berjalan.

Berikan contoh kepada para pegawai mengenai nilai-nilai luhur dari suatu proses bisnis yang memang terkait dengan kebijakan BUMN, atau dengan membandingkan dengan perusahaan sejenis yang operasi usahanya bergerak lebih dinamis. Selalu ada celah untuk kreatif dalam penerapan keteladanan kerja, penerapan sistem atau pengembangan kompetensi pegawai di internal organisasi. Selamat mencoba!