Pensiun Dini setelah 8 Tahun Bekerja

Pertanyaan :

Mohon info untuk rumus perhitungan untuk pensiun dini atau pengunduran diri untuk masa kerja 8 tahun 6 bulan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku sekarang ini, terima kasih


Jawaban :

JAWAB:

Pensiun dini berbeda dengan mengundurkan diri. Jika pensiun dini biasanya sebuah program yang ditawarkan oleh perusahaan kepada sejumlah karyawan karena perusahaan mau melakukan efisiensi atau penyegaran karyawan (mengganti karyawan lama dengan karyawan baru).

Pensiun dini tidak diatur dalam perundangan, namun demikian dengan memakai logika maka untuk pensiun dini, kompensasi yang diberikan mestinya minimal sama dengan mereka yang pensiun normal. Masa kerjanya mestinya dihitung hingga jadwal pensiun nanti. Misalnya usia pensiun adalah 55 tahun dan sekarang usia Anda 50 tahun, masa kerja hingga sekarang adalah 8 tahun 6 bulan, berarti masa kerja Anda untuk penghitungan pensiun dini adalah : 13 tahun 6 bulan.

Rincian kompensasi untuk pensiun dini:

Pesangon = 2 x 9 bulan gaji = 18 bulan gaji
Penghargaan masa kerja = 5 bulan gaji
Penggantian hak = 15% X (23 bulan gaji)

Untuk karyawan yang mengundurkan diri, tidak mendapatkan pesangon dan penghargaan masa kerja namun mendapatkan uang pisah yang besarnya dan prosedur pelaksanaannya diatur sendiri oleh masing-masing perusahaan.

Demikian, semoga jelas.