Penerapan Tools Integrity

Pertanyaan :

Bagaimana menseleksi SDM yang memiliki tingkat integritas yang baik dan tinggi? Saya belum menemukan benchmark yang sesuai dan do able. Ketika integrity menjadi sebuah core competencies bagaimana mengukurnya ketika seleksi sdm?


Jawaban :

Ibu Sari,

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu ajukan melalui PortalHR.com. Kami berharap keberadaan PortalHR membantu Ibu untuk mencari referensi informasi di bidang HR. Kami mencoba menjawab pertanyaan Ibu.

Sebagai organisasi yang berbasis pada behaviour competency, kami melihat integritas sebagai perilaku dan bukan moralitas. Oleh karena itu kami menerjemahkan integritas ke dalam perilaku yang nyata, yaitu sebagai keselarasan antara pikiran, perkataan, dan perbuatan yang mengacu pada kode etik organisasi tersebut. Untuk lebih memudahkan kami menurunkannya ke dalam 3 key actions, yaitu honesty, commitment, dan consistency. Untuk melihat perilaku-perilaku tersebut, kami melakukan behavioural interview yang harus dilakukan oleh seorang certified interviewer. Behavioural interview ini bertujuan untuk mendapatkan evidence dari perilaku yang berkaitan dengan honesty, commitment, dan consistency di masa lalu, dan juga untuk melakukan cross check dari evidence yang kami terima dari reference check yang sudah kami lakukan sebelumnya secara ekstensif. Kami sangat berhati-hati dalam menempatkan integritas sebagai salah satu kompetensi yang dinilai dalam assessment, karena evidence harus jelas dan lengkap. Kami menyarankan klien kami untuk tidak mengambil keputusan berdasarkan 1 tools (assessment center saja), dan untuk penilaian dari assessment, kami menyarankan klien kami untuk tidak mengambil keputusan berdasarkan perilaku integritas semata.

Semoga menjawab.