Penerapan Job Assignment dalam Pengembangan Karyawan

Pertanyaan :

Salam, saya pernah mendengar dalam hal pengembangan karyawan selain program pelatihan untuk karyawan ada juga yang disebut job assignment. Mohon penjelasan apa yang disebut job assignment dan bagaimana penerapannya. Terima kasih


Jawaban :

Mbak Dian, terima kasih atas pertanyaannya. Saya coba jawab.

Job assignment merupakan salah satu alternatif metode pengembangan yang saat ini populer diterapkan di beberapa organisasi. Namun sebelum kita sampai di job assignment, kita harus tahu terlebih dahulu tujuan dari sebuah program pengembangan.

Program pengembangan diperlukan organisasi untuk mengisi gap antara job requirement dan kapabilitas yang dimiliki oleh karyawan. Program pengembangan ini harus laras dengan obyektif dari organisasi. Organisasi harus memiliki basis dalam menentukan rencana pengembangan karyawannya.

Basis ini bisa diperoleh berdasarkan assessment terhadap kompetensi karyawan (baik teknikal maupun perilaku). Dari program pengembangan tersebut, akan dipilih metode pengembangan. Dasar menentukan metode pengembangan bisa dari jenis kompetensi yang diperlukan, urgensi dari keterampilan/kemampuan yang diperlukan dan anggaran yang tersedia. Job assignment merupakan salah satu dari metode pengembangan yang dapat dipilih organisasi.

Job assignment biasanya diambil untuk mendukung pengembangan yang dilakukan di kelas dengan tujuan agar karyawan memiliki kesempatan untuk mempraktekkan pengembangan tersebut dalam pekerjaannya. Saya ingin mengambil contoh dari usaha percetakan yang dimiliki rekan saya. Awal mulanya ia hanya menerima cetakan saja, namun kemudian ternyata bisnis menuntut agar ia memiliki juga tenaga lay outer, di lain pihak, ia tidak ingin menambah jumlah karyawan, maka ia memutuskan mengikutsertakan salah seorang karyawan dari bagian penerimaan order yang ia nilai masih bisa dikembangkan untuk mengikuti kursus lay out. Setelah itu ia mencoba memberikan tugas-tugas lay out kepada karyawan tersebut di samping ia masih mengerjakan pekerjaan di bagian penerimaan order. Teman saya itu tetap melakukan upaya monitoring terhadap hasil kerja karyawannya tersebut dan memberikan coaching berkala terhadap kinerjanya. Kira-kira seperti itu Mbak Dian, semoga memberikan gambaran.