Panggilan Kerja Dibatalkan, Bagaimana Sikap Pelamar?

Pertanyaan :

Saya baru saja melamar di perusahaan baru, dan mendapat panggilan untuk teken kontrak. Tapi, karena sesuatu hal, panggilan itu kemudian diundur. Saya dijanjikan untuk dipanggil kembali satu minggu. Namun, sampai satu bulan belum ada panggilan juga. Di perusahaan tersebut ada 2 lowongan, salah satunya staf manajer HRD. Saya satu-satunya pelamar yang diterima namun suatu saat saya melihat di internet bahwa ada penerimaan lagi di perusahaan itu, dengan posisi yang sama. Mohon tanggapannya.


Jawaban :

Dear Sdr. Ergy,

Pertimbangan dalam menerima kandidat tidak hanya keahlian teknis melainkan juga kecocokan antara karakter, baik pola kerja maupun pribadi, dengan budaya perusahaan. Pihak HRD (internal perusahaan atau konsultan luar yang bekerjasama) akan memberikan deskripsi yang menggambarkan dua hal tersebut. Dalam kasus Anda, untuk diingat, lain waktu Anda bisa menghubungi pihak perusahaan menjelang tenggat waktu satu minggu seperti yang dijanjikan. Memang terkesan Andalah yang membutuhkan, namun perlu diingat juga bahwa departemen SDM memiliki setumpuk berkas dan penambahan aplikasi dalam hitungan hari, meskipun iklan lowongan telah berakhir. Jadi, ada baiknya pelamarlah yang proaktif, sekaligus menunjukkan kesungguhan dan minat untuk bergabung di perusahaan tersebut. Anda bisa melalui telepon dan jangan lupa menanyakan nama si penerima di ujung telepon.

Ada kemungkinan perusahaan memiliki kebutuhan lain yang telah ada di diri Anda namun masih belum terlalu pas, sehingga mencari kandidat lain. Apakah Anda telah menghubungi perusahaan tersebut? Anda bisa memastikan melalui telepon atau mendatangi perusahaan (sebaiknya menghubungi dulu untuk membuat janji bertemu) sehingga lebih jelas.