Overtime pada Masa Cuti Bersama

Pertanyaan :

Di kantor saya ada seorang pegawai yang diminta untuk masuk di masa cuti bersama, dan pegawai tersebut mengharapkan dibayar overtime. Haruskah kantor membayar overtime atau dia dianggap tidak dipotong cuti bersama saja? Jika karyawan tersebut “ngotot” minta bayaran overtime, apa yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan?


Jawaban :

Pengusaha wajib membayar lembur apabila mempekerjakan karyawan:

1. Melebihi waktu kerja

2. Pada hari istirahat mingguan

3. Pada hari libur resmi

Cuti bersama bukanlah hari libur resmi sehingga jika karyawan bekerja pada hari tersebut dan tidak melebihi waktu kerja maka ia tidak mendapat lembur, dan tetap memiliki hak cuti (tidak dipotong cuti bersama). Jika ia bekerja melebihi waktu kerja maka ia mendapatkan lembur dengan dasar penghitungan lembur pada hari biasa.

Selengkapnya peraturan lembur silakan dilihat di link ini

Kebijakan yang dapat diberikan kepada karyawan yang diwajibkan untuk masuk saat cuti bersama terutama cuti bersama yang terkait dengan hari raya adalah:

1. Hari cuti diganti dengan uang dan hak cutinya dipotong sejumlah kehadirannya, dan

2. Diberi insentif yang besarnya diatur sendiri oleh perusahaan, mengingat ia tidak dapat menggunakan hak cutinya sementara karyawan lain boleh cuti.

Jadi yang dijadikan sebagai dasar bukan lembur, melainkan perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah bersedia tidak cuti pada waktu cuti bersama.