Menyikapi Isu Gaji dalam Wawancara Kerja

Pertanyaan :

Dalam interview tahap nego gaji, benarkah apabila baik yang diwawancara atau pun HRD menyebut angka nominal maka dalam ilmu interview dia sudah "kalah"? Bagaimana menyikapi hal tersebut? Apakah yang benar justru bertanya, berapa budget untuk posisi tersebut? Saya khawatir jika saya tanya budget kesannya tidak sopan. Dan, jika dalam form aplikasi perusahaan yang dilamar ada pertanyaan gaji yang diminta, bagaimana trik untuk bisa mendapatkan sesuai yang telah di-budget-kan oleh perusahaan tersebut?


Jawaban :

Pertanyaan gaji sebenarnya mengandung banyak hal, salah satunya adalah bagaimana Anda menilai keterampilan dan kemampuan profesional diri sendiri. Makna lain, apakah Anda telah melakukan survei mandiri, yang berarti Anda memiliki kesiapan ‘lebih’ untuk bekerja. Melihat ulasan ini mungkin memang terkesan ‘tidak ada hubungannya’ dengan budget. Memang secara umum, isu gaji masih sensitif. Anda bisa melihat situasinya, apabila memang diharuskan menuliskan nominal, setidaknya Anda memiliki bekal sebelum hadir di ruang interview.

Anda bisa melakukan riset perbandingan gaji. Perkiraan kompensasi untuk kemampuan, kualifikasi, pengalaman, tahun bekerja, fokus industri, dan lokasi yang sama dengan Anda. Manfaatkan sebanyak mungkin sumber dari internet, teman-teman untuk mendapatkan perkiraan sebelum bernegosiasi sehingga mendapatkan angka yang adil. Manfaatkan pula situs web tentang karier dan lowongan yang sering menampilkan gaji yang ditawarkan.