Mengukur Kinerja Departemen dengan Dashboard Management

Pertanyaan :

1. Apa yang dimaksud dengan Dashboard Management? 2. Bagaimana mengukur kinerja departemen dengan dashboard management menggunakan excel? 3. Alat ukur kinerja apa yang pantas untuk perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan sepakbola nasional?


Jawaban :

1. Performance management dashboard pada dasarnya merupakan upaya untuk meng-otomatisasikan proses pengelolaan kinerja perusahaan melalui instalasi software yang didesain khusus untuk itu. Dinamakan dahsboard lantaran bentuk perangkat lunak yang diinstal biasanya mirip dengan "dashboard" mobil. Ibaratnya dengan hanya melihat dashboard itu kita langsung tahu kondisi mobil kita, apakah olinya sudah perlu diganti, berapa kecepatan laju mesin kita saat ini, berapa liter pemakaian bensin per 100 km, dan seterusnya.

Performance dashboard persis ingin melakukan hal seperti itu, yakni melalui aplikasi ini kita bisa melihat "denyut nadi" kinerja perusahaan kita dengan otomatis dan real time –berapa tingkat penjualan produk A di setiap region pada pekan ini, berapa jumlah transaksi per customers, berapa tingkat defect rate untuk produk B, berapa jumlah jam pelatihan per karyawan telah dilakukan, dan seterusnya.

Performance management dashboard ini akan sangat membantu CEO dan top manajemen dalam proses pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Dengan hanya screen yang ada di depan mejanya dan beberapa klik, sang CEO dengan mudah dan real time bisa memantau semua aspek kinerja setiap divisi yang ada di perusahaan –mulai dari aspek finansial, aspek pelanggan, aspek proses bisnis dan aspek pengembangan SDM-nya. Didukung dengan kemampuan analitis yang ada dalam software tersebut, sang CEO juga dengan segera bisa melakukan analisis mengenai korelasi beragam variabel kinerja dan juga perkembangan tren-nya, apakah naik atau menurun.

2. Kalau memang perusahaan belum memiliki budget untuk membeli dan menerapkan aplikasi dashboard ini, maka sementara waktu memang bisa menggunakan aplikasi seperti Excel. Melalui aplikasi excel ini, kita bisa mencantumkan tabel yang berisikan serangkai key performance indicators perusahaan. Contoh tabel KPI yang disusun dalam aplikasi excel dapat Anda download di sini http://www.portalhr.com/gudang/tools/login.php

3. Alat ukur kinerja untuk perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan sepakbola nasional (PT Liga Indonesia) mungkin antara lain bisa mencakup aspek berikut:– Jumlah penonton per pertandingan– Pertumbuhan pendapatan dari hak siaran langsung– Rating siaran langsung Liga Super Indonesia– Skor kepuasan penonton terhadap kualitas permainan– Brand Image – Liga Super Indonesia