Menghitung Gaji Karyawan Cuti Hamil dan Klaim-klaim Kesehatan Lainnya

Pertanyaan :

Bagaimanakah perhitungan gaji untuk karyawan yang sedang cuti melahirkan? Bagaimanakah pula perhitungan claim medical untuk rawat inap, biaya pengobatan, dan kaca mata?


Jawaban :

Sesuai UU 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, karyawan perempuan berhak cuti selama 3 bulan dengan mendapat upah penuh (silakan cek pasal 82 & 84). Yang tidak diperoleh karyawan yang cuti melairkan adalah komponen gaji yang penghitungannya berdasarkan kehadiran di kantor (misal uang makan, transport, operasional).

Penggantian biaya kesehatan: berobat jalan, rawat inap, kacamata merupakan komponen kesejahteraan yang merupakan kebijakan perusahaan dan diatur oleh masing-masing perusahaan; sebaiknya dituangkan secara tertulis dan resmi bisa dalam bentuk Surat Keputusan Direksi, dimasukkan dalam peraturan perusahaan maupun dalam surat edaran.

Untuk menetapkan besaran penggantian biaya kesehatan harap melakukan survei harga dokter, rumah sakit, toko optik agar dapat menentukan besaran yang sesuai bagi karyawan dan sesuai dengan kemampuan perusahaan.