Menghadapi Pegawai yang Tidak Jujur

Pertanyaan :

Perusahaan kami memiliki 2 asisten supervisor yang tidak jujur, terutama mengenai uang. Perilaku tidak jujur ini kami dapatkan berdasarkan informasi lisan dari beberapa bawahan & rekan kerja mereka. Para saksi tersebut takut untuk dipertemukan dalam rangka konfirmasi karena para saksi ini tidak mau ada konflik diantara sesama pegawai. Sebentar lagi mereka akan selesai masa kontraknya, perusahaan tidak ingin melanjutkan kerjasama dengan mereka namun alasannya kurang kuat karena kami tidak memiliki bukti nyata atas perilaku tidak jujur itu. Kami ingin hubungan dengan pegawai baik itu masuk menjadi pegawai hingga berhenti sebagai pegawai berlangsung secara baik, dalam arti pegawai keluar dari perusahaan dengan kejelasan atas alasan tidak lanjutnya kerjasama dengan perusahaan & tentunya citra/nama baik perusahaan tidak tercemar diluar sana.

Mohon saran atas solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak. Terima kasih.


Jawaban :

Jawaban:

1. Secara hukum, bila yang bersaksi lebih dari satu orang, sebetulnya sudah cukup untuk menyatakan bahwa si Terlapor terbukti bersalah. Namun sayangnya para saksi itu tidak bersedia untuk bersaksi secara terbuka dan dikonfrontir dengan 2 Asisten Supervisor sehingga pembuktian secara hukum juga menjadi tidak memungkinkan apabila kasus ini sampai ke pengadilan.

2. Namun dari informasi yang diuraikan dalam email anda, perusahaan tetap ingin memelihara hubungan baik sejak mereka masuk kerja hingga ketika mereka harus putus hubungan kerja.

3. Dalam kasus ini ada dua hal yang saling bertentangan. Pertama, anda percaya akan informasi yang disampaikan oleh beberapa pekerja tentang ketidakjujuran 2 Asisten Supervisor tersebut, dan oleh karenanya anda tidak berminat untuk tidak memperpanjang kontrak dengan mereka ketika nanti kontrak yang sekarang berakhir. Kedua, anda tidak nyaman untuk secara terus terang kepada 2 Asisten Supervisor mengatakan bahwa anda sudah kehilangan kepercayaan kepada mereka dan oleh karena itu anda tidak akan melanjutkan hubungan kerja dengan mereka. .

4. Solusi jalan tengah yang disarankan, katakan kepada mereka bahwa anda mendapatkan informasi dari beberapa orang (anda tidak usah sebutkan namanya) bahwa 2 Asisten Supervisor tersebut telah berlaku tidak jujur. Katakan kepada mereka meski demikian hingga saat ini anda masih percaya kepada 2 Asisten Supervisor bahwa mereka masih jujur. Namun anda memerlukan pernyataan tertulis dari mereka bahwa mereka tidak pernah melakukan perbuatan yang tidak jujur, dan bila anda mendengar lagi bahwa mereka berdua berlaku tidak jujur maka terpaksa anda tidak akan melanjutkan kerjasama dengan mereka berdua. Dengan cara demikian anda memberikan message/pesan kepada mereka bahwa anda sudah mendengar tentang perilaku mereka.

5. Dengan cara yang disarankan tercantum dalam nomor 4, diharapkan mereka tidak akan lagi berbuat tidak jujur.