Menghadapi Anak Buah yang Tak Mau Berkembang

Pertanyaan :

Saya dipercaya sebagai salah seorang kepala cabang sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kurir. Ada hal yang menarik pada diri beberapa rekan kerja maupun staf yang cenderung merasa nyaman di posisi mereka sekarang. Nyaman untuk mempertahankan posisi dengan bekerja cerdas dan berorientasi pada hasil yang maksimal, sudah seharusnya. Tapi, yang terjadi sebaliknya. Kiat-kiat apa yang seharusnya dilakukan?


Jawaban :

Apakah yang Anda maksudkan mereka tidak bersemangat dalam bekerja, dan berpuas diri pada hasil yang apa adanya? Sebagian besar orang memang mencari dan menikmati zona nyaman, ini tidak lepas dari kebutuhan mendasar psikologis. Zona nyaman pun berlaku pada kondisi negatif –ini salah satu penjelas adanya fear of success. Untuk menjadi pemenang, setiap individu harus menempuh kondisi yang tidak enak, tidak nyaman, meninggalkan zona nyaman, mengambil risiko. Ini bisa juga terjadi akibat ketidaktahuan kondisi riil secara global. Artinya, mereka merasa tidak ada persaingan, meskipun mengetahui bahwa banyak orang di luar sana yang kesulitan mendapatkan pekerjaan..

Sebagai kepala cabang, tentunya Anda memiliki data, termasuk pengalaman dan wilayah kerjanya. Anda bisa memulai dengan memastikan pengetahuan mereka akan iklim bisnis di bidang jasa, khusunya kurir. Kemudian bisa meluas pada aspek lain, seperti kepuasan pelanggan. Tinjau kembali sistem reward yang telah berlaku, bagian mana yang perlu dibenahi guna meningkatkan semangat tim. Reward tidak selalu harus berupa materi, bisa berupa perhatian yang bertujuan meningkatkan skill dan wawasan karyawan. Program team building yang sederhana bisa menjadi penyegaran, atau bentuk lainnya. Bagaimana dengan sistem penilaian karyawani? Apakah pernah dilakukan program pemetaan kompetensi mereka? Anda bisa berkonsultasi lebih intensif dan menjalin kerjasama dengan pihak kompeten seperti konsultan HR.