Mengapa Profesi Satpam di-Outsource?

Pertanyaan :

Kenapa di indonesia khusunya di Jakarta ada Outsourcing khususnya untuk satpam dan beberapa profesi lain. Karena dengan adanya outsourcing kami merasa dirugikan di antaranya:

1. adanya perjanjian kontrak kerja yang lamanya pihak yayasan (outsourcing) tersebut tidak ditentukan atau selama kita masih bekerja di perusahaan tersebut.

2. seluruh Outsourcing membuat perjanjian dengan pekerja sama semua.

3. posisi Outourcing itu apakah ada sudah disahkan di departeman ketenagakerjaan.

Jujur saya bekerja cukup lama di bidang security ini dan selalu gaji pokok saya jauh dibawah UMR !!! terimakasih


Jawaban :

Jawaban:

Dimungkinkannya pemborongan pelaksanaan pekerjaan pengamanan (security) kepada perusahaan lain memang ada diatur secara tegas dalam Undang-Undang No 13 tahun 2003, Pasal 64, 65, dan 66.

Penjelasan Pasal 66 antara lain bahwa tenaga pengamanan (security) adalah salah satu pekerjaan yang dapat diborongkan karena security termasuk pekerjaan penunjang/ pendukung, bukan pekerjaan inti di perusahaan. Contoh:
dalam suatu rumah sakit, pekerjaan-pekerjaan yang termasuk inti tentu yang terkait langsung dengan jasa pengobatan dan perawatan (dokter, perawat, laboratorium, dll).

Tentang upah pokok anda yang selalu berada di bawah Upah Minimum Propinsi, bila hal itu benar, anda silakan melaporkan ke Disnaker setempat, dan Disnaker akan menangani kasus tersebut dengan memanggil perusahaan yang bersangkutan untuk dimintai keterangan.