Mengapa Masa Kerja Dihitung Sejak Karyawan Menjadi Tetap?

JAWAB:
Pasal 50 selengkapnya berbunyi:" Hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara pengusaha dan pekerja/buruh" Pada pasal tersebut tidak disebutkan soal status karyawan tetap dan kontrak.
Dalam UU ketenagakerjaan, ditetapkan bahwa untuk menentukan status kontrak harus memenuhi sejumlah seperti yang disebutkan pada Pasal 59 pasal 1 sbb:
Perjanjian kerja untuk waktu tertentu hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu, yaitu :

a. Pekerjaan yang sekali selesai atau yang sementara sifatnya ;
b. Pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama dan paling lama 3 (tiga) tahun ;
c. Pekerjaan yang bersifat musiman; atau
d. Pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk tambahan yang masih dalam percobaan atau penjajakan.
e. Perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat diadakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

Mengacu pada ketentuan diatas, maka masa kerja karyawan kontrak maksimal 3 tahun saja dan karyawan tersebut tidak akan diangkat jadi karyawan tetap, karena status kontrak bukanlah jenjang status karyawan (dimulai dari kontrak baru kemudian diangkat jadi karyawan tetap).
Namun demikian, dalam prakteknya banyak perusahaan yang menetapkan status kontrak untuk pekerjaan yang bersifat tetap (sebenarnya menyalahi pasal 59 ayat 1e) sehingga setelah dikontrak selama 3 tahun kemudian diangkat jadi karyawan tetap. Jika kasusnya seperti ini, artinya jenis pekerjaan sebetulnya adalah pekerjaan yang bersifat tetap, maka masa kerja dihitung dari pertama kali dia bergabung di perusahaan.

Dalam kasus lain, misalnya seorang karyawan dikontrak untuk mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, misalnya 1 tahun dan produk tersebut ternyata tidak berlanjut. Kemudian perusahaan menawarkan pekerjaan lain yang berbeda dengan pekerjaan terdahulu dan yang bersifat tetap dengan status karyawan tetap dan dimulai dengan masa percobaan dulu, maka masa kerja dimulai dari karyawan tersebut mulai menjalani masa percobaan.

Demikian disampaikan, semoga jelas.