Menentukan Angka yang Pantas untuk Tunjangan Makan dan Transport

Pertanyaan :

Bagaimana cara menentukan "angka" yang pantas untuk tunjangan makan siang dan transportasi yang berlaku di DKI Jakarta dan Makassar?


Jawaban :

Untuk menentukan angka yang pantas untuk tunjangan makan, silakan Anda survei biaya makan siang di sekitar kantor, pilih kedai makan kelas menengah. Tidak ada patokan yang bisa diberlakukan secara umum. Dalam satu kota yang sama pun situasinya bisa berbeda-beda. Misalnya, ada kantor yang lokasinya dekat pasar atau sekolah sehingga mudah mendapatkan makanan layak dengan harga murah. Namun, untuk kantor di kawasan perkantoran tertentu sulit mendapatkan makanan layak dengan harga murah.

Untuk biaya transportasi silakan cek, mayoritas karyawan tinggal di mana dan cari informasi dari mereka rata-rata biaya yang diperlukan untuk pulang-pergi kantor-rumah dengan kendaraan umum dan ojek. Berdasarkan informasi tersebut Anda dapat menentukan angka yang sesuai untuk tunjangan transportasi.

Ketentuan angka yang pantas ini tentu saja disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi keuangan perusahaan serta "style" perusahaan. Ada sejumlah perusahaan yang ingin menjaga citra elit termasuk untuk gaya hidup karyawannya –jika seperti itu tentu saja ukuran makan layak di kedai makan kelas menengah jelas tidak cocok bukan?