Menaikkan Gaji Karyawan pada Masa Krisis

Pertanyaan :

Saya bekerja sebagai staf HRD sebuah perusahaan pembiayaan. Dengan adanya krisis global sekarang ini, HRD tetap melakukan penilaian kerja kepada karyawan. Yang menjadi dilema saya, penilaian identik dengan kenaikan gaji padahal di sisi lain perusahaan melakukan efisiensi agar tetap survive. Bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut?


Jawaban :

Penilaian kinerja karyawan memang lazimnya terkait dengan penghargaan perusahaan berupa kenaikan gaji (merit increase). Bila harus memilih, perusahaan memberikan merit increase (berdasarkan performance pekerja) tapi dapat berdampak pada PHK/ pengurangan jumlah pekerja; atau, tidak memberikan merit increase tapi tidak akan ada pekerja yang di-PHK. Tentu pilihan kedua yang harus diambil (tanpa merit increase dan tidak ada PHK).
 
Hal yang penting harus dilakukan oleh perusahaan adalah memberikan informasi dan melakukan komunikasi yang efektif kepada pekerja tentang posisi perusahaan saat ini dalam menghadapi krisis ekonomi global. Dengan penjelasan yang transparan, jelas, dengan kata-kata yang mudah dimengerti, didukung oleh data yang dapat dipercaya, seharusnya pekerja dapat memahami bahwa perusahaan tidak dapat memberikan merit increase. Penilaian kinerja dapat dimasukkan dalam file pekerja, untuk nantinya diperhitungkan bila perusahaan telah kembali normal keadaannya. Bisa saja nantinya diberikan semacam bonus sekaligus.