Mempekerjakan Karyawan di Luar Perjanjian

Pertanyaan :

Dapatkah pekerja mengajukan pemutusan hubungan kerja ke PHI? Bagaimanakah contoh kongkret bahwa pengusaha mempekerjakan pekerja di luar yang telah diperjanjikan?


Jawaban :

Pekerja dapat mengajukan gugatan permohonan PHK ke PHI. Hal ini diatur dalam Pasal 169 UU No.13/2003.

Tentang pengusaha mempekerjakan pekerja di luar yang diperjanjikan, itu akan sulit untuk dipersoalkan oleh pekerja apabila dalam perjanjian kerja dicantumkan klausul, misalnya "pekerja bersedia menerima tugas-tugas selain yang diuraikan di atas".

Namun, jika klausul semacam itu tidak tercantum di perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama, pekerja dapat berpedoman pada job description. Tinggal dilihat saja, job/tugas apa yang diperintahkan tapi tidak tercantum dalam jobdes.
 
Kendati demikian perlu diingat, pada praktiknya tidak dapat hitam-putih seperti itu. Misalnya seseorang dengan jabatan sebagai Industrial Relations Specialist misalnya, dengan jobdes-nya yang jelas, sering diberi tugas terkait dengan Public Relations misalnya. Pada akhirnya, semua itu tergantung seberapa jauh pekerjaan tambahan yang diberikan itu "menyimpang" dari jodes. Bila terlalu jauh menyimpang, bisa dibicarakan dengan pengusaha tentang tambahan gaji karena tugasnya yang jauh lebih besar dibandingkan jobdes.