Memindah Karyawan ke Perusahaan Lain Satu Grup, Haruskah PHK Dulu?

Pertanyaan :

Pak Bambang,

Saya mau menanyakan tentang perusahaan yang memindahkan karyawannya ke perusahaan lain yang masih satu kepemilikan tetapi berbeda badan hukumnya; 1) Apakah harus melalui proses pemutusan hubungan kerja terlebih dahulu? 2) Apakah boleh dilanjutkan kerjanya, tetapi ada aturan yang berbeda di perusahaan baru tersebut? 3) Adakah UU yang mengatur hal tersebut?


Jawaban :

1. Tidak harus melakukan PHK terlebih dahulu. Tapi, jika PHK dilakukan oleh perusahaan asal, kemudian dipekerjakan kembali di perusahaan yang baru, juga tidak dilarang. Yang penting, kepentingan dan hak pekerja jangan dikurangi atau dikorbankan.

2. Antara dua perusahaan pasti akan ada perbedaan. Perbedaaan bisa kecil bisa besar. Misalnya, di perusahaan A diberikan uang transport dan uang perumahan, tetapi biaya kesehatan yang ditanggung perusahaan dibatasi maksimal 70%. Sedangkan di perusahaan B, uang transport tidak diberikan, uang perumahan tidak diberikan, biaya kesehatan ditanggung penuh untuk pekerjanya dan untuk keluarga dibatasi maksimal 80%. Cara terbaik adalah dengan menghitung total compensation, secara keseluruhan, bandingkan.

3. Lihat Pasal 163m UU No 13 tahun 2003.