Memilih Best Employee

Pertanyaan :

Dear Dwiputri Adimuktini,
Di perusahaan saya akan diadakan acara akhir tahun "Best Employee" untuk jabatan Manager, Supervisor, dan Staff. Tools apa yang dapat digunakan untuk menyeleksi Best Manager and Supervisor dan jenis psychotest apa yang cocok untuk jabatan tersebut? Thanks & Regards.


Jawaban :

Pertanyaan yang sangat menarik. Saya yakin Best Employee of the Year selalu menjadi ajang yang mendebarkan di organisasi, baik bagi para kandidat, maupun manajemen yang akan memberikannya.

Sama halnya dengan yang terjadi di DDI. Kami menyebutnya dengan Dimensioner of The Year. Untuk menyeleksi Best Employee, kami mengusulkan untuk terlebih dahulu membuat profil sukses dari Best Employees yang dikaitkan dengan nilai-nilai perusahaan.

Untuk toolsnya, kami sangat menyarankan untuk menggunakan performance management system yang sudah ada (MAX, Balance Scorecard dll) dan tidak perlu menciptakan sistem baru. Jika performance system sudah tertata, maka akan dengan mudah memperlihatkan karyawan yang memiliki kinerja terbaik. Organisasi kemudian membandingkannya dengan profil sukses dan apakah si karyawan tersebut sudah “living the company’s values.”

Jika memang diperlukan maka pembentukan komite pemilihan juga bisa memberikan manfaat. Komite ini dapat menentukan kandidat terlebih dahulu dengan menggali informasi dari divisi-divisi yang ada. Langkah selanjutnya adalah dengan menggali informasi lebih lanjut mengenai kandidat, misalnya bisa dengan mengadopsi 360o multi-rater interviews, atau mengirimkan questioner kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan kandidat. Kemudian untuk penentuan The Best Employee bisa melalui FGD. Semoga pemilihan Best Employee of The Year di organisasi Anda sukses dan kandidat yang terpilih bisa menjadi Role Model bagi karyawan yang lain.