Melamar Kerja Tanpa Surat Keterangan Pengalaman

Pertanyaan :

Usia saya sekarang 32 tahun, lulusan S1 Ekonomi Manajemen. Saya sudah 3 bulan tidak bekerja. Saya punya banyak pengalaman kerja (di luar bidang saya), tapi tidak ada surat keterangannya. Bagaimana cara saya untuk melamar kerja lagi, karena perusahaan kebanyakan meminta syarat pengalaman kerja (yang sesuai dengan bidang saya).


Jawaban :

Pengalaman kerja dapat dijadikan awal untuk melakukan pekerjaan di pekerjaan berikutnya. Memang, banyak perusahaan meminta pelamar untuk mempunyai pengalaman yang sama dengan pekerjaan yang sekarang ditawarkan. Tapi, bisa saja berdasarkan pengalaman pekerjaan yang ada kita dapat menjelaskan bahwa kita akan mampu melakukan pekerjaan yang ditawarkan, walaupun tidak persis pengalamannya. Yang penting, gambarkan dalam surat lamaran Anda suatu "soft skill", misalnya dengan pengalaman pekerjaan itu mampu berkomunikasi dengan baik, mampu menyelesaikan masalah di lapangan, mempertajam kemampuan menganalisis masalah, mampu bernegosiasi dengan klien, atau mampu mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan. Gambarkan bahwa sebagaian dari persyaratan pekerjaan dapat Anda lakukan dengan pengalaman yang pernah dimiliki.

Saran lain, coba lakukan pekerjaan apa saja terutama yang berkaitan dengan kewirausahaan, sebab pada dasarnya kalau kita mau, banyak sekali pekerjaan yang bisa kita lakukan. Mencoba belajar bagaimana cara berjualan produk MLM atau asuransi juga merupakan jalan untuk tetap melakukan sesuatu, bahkan belajar sistem bagaimana menjual sesuatu jika pekerjaan di kantoran belum didapatkan. Kebanyakan para pekerja hanya menganggap melakukan pekerjaan kantoran sebagai bekerja, dan oleh karenanya hanya itu yang dicari. Atau, cobalah cari kesempatan di luar Jawa, sebab di sana masih banyak lowongan kerja mungkin sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki.