Masih Bingung dengan Penghitungan-penghitungan Kompensasi dan Benefit

Pertanyaan :

Saya masih bingung dengan rumus penggantian uang cuti, ada yang mengatakan kalau jumlah cuti dibagi jumlah hari kerja dalam sebulan dan dikalikan dengan gaji sebulan. Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya rumus penggantian uang cuti yang benar seperti apa? Dan, kalau pengalinya adalah gaji sebulan, apakah itu hanya gaji pokok atau plus tunjangan tetap? Kalau di perusahaan tempat saya bekerja uang makan dan transport dibayarkan fixed setiap bulannya (tidak berdasarkan kehadiran), apakah ini bisa dikategorikan tunjangan tetap?


Jawaban :

Penghitungan uang cuti memang tidak diatur secara jelas dalam ketentuan yang ada. Oleh karenanya saya mengacu kepada cara menghitung upah 1 bulan bagi karyawan harian. Kepmen 102/2004 pasal 9 sbb: "Dalam hal upah pekerja/buruh dibayar secara harian, maka penghitungan besarnya upah sebulan adalah upah sehari dikalikan 25 bagi pekerja/buruh yang bekerja 6 hari kerja dalam 1 minggu atau dikalikan 21 bagi pekerja/buruh yang bekerja 5 hari kerja dalam 1 minggu"

Jika acuan tersebut di atas dipakai maka jika di perusahaan Anda jumlah hari kerja dalam 1 minggu adalah 5 hari kerja dan misalnya jumlah cuti yang akan diganti dengan uang adalah 5 hari kerja maka penghitungannya sbb: (5/25) X (Gaji pokok + tunjangan tetap)

Mengenai komponen gaji yang dijadikan sebagai dasar penghitungan uang cuti adalah gaji pokok dan tunjangan tetap. Jika uang makan dan transport di perusahaan Anda dibayarkan secara tetap tidak berdasarkan kehadiran maka termasuk dalam kategori tunjangan tetap. Demikian disampaikan semoga dapat membantu

<B>Sekaligus, menjawab pertanyaan M Sudarmaji sebagai berikut:</B>

Saya belum begitu paham soal hitungan pemberian pesangon pekerja yang diberhentikan karena sudah mendapatkan peringtan III, dimana Ibu pernah mencontohkan untuk 5 tahun ke atas masa kerja = 1 x 6 bln gaji + 2 bln gaji + 15% x 8 bln gaji. Kalau misalnya gaji Rp 1 juta, benarkah perhitungannya sbb: 1 x Rp 6 jt + Rp 2 jt + Rp 1,2 jt = Rp. 9,2 juta?

<B>Jawaban:</B> Ya, betul. Penghitungan pesangon untuk karyawan yang di-PHK setelah mendapatkan Surat Peringatan III, dengan masa kerja 5 tahun atau lebih tapi kurang dari 6 tahun dan gaji Rp 1 juta per bulan = Rp 9,2 juta.